Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 24 Agu 2017 - 06:18:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggito Bantah Dana Haji Digunakan untuk Infrastruktur

37anggoto.jpg
Anggito Abimanyu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu membantah kabar dana haji akan digunakan untuk proyek infrastruktur. Menurutnya, kabar tersebut dihembuskan oleh pihak luar.

"Saya ingin klarifikasi BPKH yang baru dibentuk pemerintah tiga bulan ini tidak pernah menyebut dana haji akan dikelola untuk infrastruktur," kata Anggito dalam acara diskusi publik soal dana haji di Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Anggito menjelaskan tidak ada kewenangan BPKH untuk menentukan dana haji diluar peruntukannya. Karena dana haji adalah milik jamaah haji Indonesia. Tapi yang berkembang di masyarakat, kata dia, seolah BPKH akan mengatur dana haji ini untuk membantu pembangunan proyek infrastruktur pemerintah.

"Kami baru tiga bulan dilantik, belum sampai membahas akan dikelola seperti apa dana haji. Masih pembenahan organisasi, kantor aja kami belum punya," ujar mantan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama ini.

Karena itu Anggito heran ketika banyak tokoh dan aktivis Termasuk ketika Yusril Ihza Mahendra, yang menyerangnya, seolah olah ia tidak berhak menentukan dana haji untuk infrastruktur. Padahal ia sendiri tidak pernah menyebut hal tersebut.

Anggito menyebut soal akan diapakan dana haji yang saat ini mencapai 97 triliun, adalah DPR dalam hal ini Komisi VIII yang akan menyetujui akan diapakan dana haji ini. Jadi semua itu tergantung DPR apakah disetujui untuk dikelola seperti apa.

"Dalam waktu dekat ini BPKH baru akan bertemu Komisi VIII terkait pembahasan organisasi dan rencana strategis kedepan," ujar Anggito. (Rep/icl)

tag: #dana-haji  #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi Demokrat Harap Penggabungan Dua Kementerian Jauh Dari Intervensi Politik

Oleh Bachtiar
pada hari Selasa, 13 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid berharap agar penggabungan Kemendikbud dengan Kemenristek dapat melahirkan kebijakan yang lebih produktif bagi dunia ...
Berita

DPR Harap Pembentukan Keminves Bisa Selesaikan Masalah Klasik Birokrasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah mengatakan, dengan terbentuknya Kementerian Investasi (Kemeinves) dapat menyelesaikan masalah klasik yakni persoalan ...