Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 28 Agu 2017 - 15:06:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemensos Optimis PKH Tahap Tiga Tuntas Agustus

64PKH.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kementerian Sosial optimistis penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga tuntas dilakukan pada Agustus 2017.

"Untuk PKH masih optimistis tercapai di atas 95 persen, kalau sampai ke tabungan yang sudah diterima oleh penerima sampai saat ini 98 persen," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat yang dihubungi di Jakarta, Senin (28/8/2017)

Harry menjelaskan, realisasi yang sudah dicairkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sampai saat ini untuk tahap satu mencapai 88,5 persen, tahap kedua 79,9 persen dan tahap ketiga mencapai 84,1 persen.

Sementara Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT) yang sudah dicairkan di agen-agen perbankan, ATM, Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog maupun laku pandai serta elektronik warung gotong royong (e-warong) untuk tahap pertama mencapai 67,9 persen, tahap kedua 51,3 persen, tahap ketiga 14,2 persen dan tahap ke empat 5,0 persen.

Lebih lanjut Harry menjelaskan, dengan skema bantuan non tunai saat ini, KPM dapat mencairkan bantuan sesuai kebutuhan dan menyisakan uangnya sebagai tabungan sebab bansos tidak akan hangus.

Sebelumnya Mensos Khofifah Indar Parawansa menargetkan penyaluran PKH tahap ketiga tuntas seluruhnya pada Agustus 2017.

Saat ini enam juta KPM sudah dapat mengakses bansos PKH secara non tunai dan pemerintah merencanakan menambah jumlah penerima manfaat PKH menjadi 10 juta KPM serta program BPNT dari 1,28 KPM yang akses nontunai menjadi 10 juta pada 2018.

Terkait penambahan penerima bansos nontunai tersebut, sesuai dengan nota keuangan yang dibacakan Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus 2017 di DPR bahwa anggaran Kemensos mencapai Rp33,9 triliun dimana Rp17,4 triliun dialokasikan untuk PKH. (Ant/icl)

tag: #kementerian-sosial  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Percepatan Vaksinasi Cegah Penyebaran Covid-19

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 22 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politikus Nasdem non aktif Irma Suryani Chaniago menilai, lockdown bukan solusi untuk mencegah penyerbaran virus Covid-19. Saat ini, yang diperlukan adalah percepatan ...
Berita

DPR Hargai Acara Tabur Bunga untuk Korban Sriwijaya SJ 182

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Anggota Komisi VI DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa menghargai acara tabur bunga untuk korban Sriwijaya SJ 182 yang berlangsung Jumat (22/1). Ia ikut berduka cita serta sangat ...