Jakarta
Oleh Bani Saksono pada hari Rabu, 30 Agu 2017 - 23:49:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Smesco Indonesia Sejalan Dengan Program OK-OCE

72SMESCO-EMILIA-SUHAIMI.jpg
Emilia Suhaimi, dirut LLP-KUKM (Sumber foto : TEROPONGSenayan)

JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] - Galeri Indonesia Wow yang ada di Gedung Smesco Indonesia dapat diinergikan dengan Program OK-OCE. Sebab, ada yang sama dijalankan baik Smesco Indonesia dan Program OK-OCE, yaitu menumbuhkembangkan ekosistem kewirausahaan.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Kopeasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah [LLP-KUKM] Emilia Suhaimi saat membuka Diskusi Panel Peluang Pembiayaan Syariah Bagi Program OK-OCE di Gedung Smesco Indonesia, Rabu [30/8/2017].

‘’Hal itu tentunya sejalan dengan Program OK-OCE yang digagas Sandiaga Uno,’’ kata Emilia. Mengapa sinergis, menurut Emilia, karena Galeri Indonesia Wow memiliki lima fasilitas, yaitu displai produk yang telah memiliki brand [curated concept store], co-working space [tempat untuk pembelajaran dsn bekerja], maker space [sebagai laboratorium usaha], investor meeting point [tempat bertemunya UMKM dengan private equity], dan Creative Stage.

Menurut Emil, para pelaku usaha koperasi dan UMM yang telah menjadi mitra Smesco dapat memanfaatkan tiga fasilitas bisnis, yaitu layanan ritel, layanan e-commerece, dan layanan ekspor. Dia berharap, para mitranya bisa naik kelas, dari skala usaha mikro dengan aset maksimal Rp 50 juta dan omzet Rp 300 juta per tahun, menjadi skala kecil dengan aset maksimal Rp 500 juta dengan omzet Rp 2,5 miliar per tahun. ‘’Demikian dan seterusnya,’’ kata Emil.

Diskusi yang diadakan TeropongSenayan itu, dihadiri puluhan pelaku usaha mikro kecil, para usahawan OK-OCE maupun para narasumber, yaitu Ketua Gerakan OK-OCE Indra Cahya Uno, co-founder OK-OCE Anggawira, VP Kepala Grup Bank DKI Harijanto, dan Direktur Keuangan Jamkrida Imam Wahyudi.

Pada kesempatan itu, Indra mengungkapkan, pihaknya berusaha mewujudkan target pencetakan pengusaha baru sebanyak 250 ribu dalam lima tahun. Namun, sampai sekarang sudah tercatat lebih dari 25 ribu pengusaha.

Menjawab pernyataan Emilia, gaung pun bersambut. Indra menyatakan kerjasama itu dapat segera diteken Sebab, kata dia, para pengusaha binaan OK-OCE dapat bersinergi dengan Galeri Indonesia Wow semaksimal mungkin. Bahkan Indra pun menyempatkan mengunjungi displai produ UMKM di sana.

Penjualan Online

Emil juga mengungkapkan, saat ini sedang mengalami lesunya penjualan ritel. Kendati demikian demikian dia optimistis, daya beli masyarakat tidak menurun. ''Melainkan mereka mulai beralih cara membeli dari offline, belanja langsung menjadi belanja online,'' katanya.

Itu sebabnya, Smesco Indonesia juga mulai melirik pola penjualan onlin produk-produk UMKM. Salah satu caranya dengan merangkul situl-situl pemasaran. Tujuanya, untuk memperluas akses asar ritel UMKM secara online.[b]

tag: #smesco  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...