Ragam
Oleh Bani Saksono pada hari Kamis, 31 Agu 2017 - 02:04:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Muhammadiyah Bangun Pabrik AMDK Suli-5 di Tuban

99SULI5-TUBAN.jpg
jadi siapa barte bikin roti mentega (Sumber foto : ist)

TUBAN (TEROPONGSENAYAN) - Sebagai wujud cinta dan konsumsi produk dalam negeri, Muhammadiyah kembali membangun pabrik air minum dalam kemasan [AMDK] merek Suli-5 di Tuban, Jawa Timur. Pembangunan pabrik AMDK dengan pola franchise itu juga merupakan amanah organisasi, yaitu pengembangan Pilar Ketiga Muhammadiyah, yaitu membangun bisnis berbasis jejaring.

Pabrik dengan bendera PT Amanah Sang Surya [ASS] itu di bawah naungan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah [MEK-PDM] Tuban. Sedangkan pihak franchise adalah PT Suryatama CEMERLANG Abadi [SCA].

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan Anwar Abbas dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa dengan adanya Air Minum Suli 5 di Tuban merupakan sebuah upaya Muhammadiyah dalam mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri.

Budaya sepeti itu lama diterapkan di negara maju seperti Korea Selatan dan Jepang. ‘’Selain itu juga, bisnis ini adalah sebuah bukti dalam mewujudkan solidaritas berbisnis di Muhammadiyah,’’ kata Anwar.

Dia menjelaskan, dalam Tanwir Muhammadiyah diputuskan agar Muhammadiyah memgembangkan ekonomi sebagai pilar ketiga Muhammadiyah. Karena itu, "Maka saya yakin ke depan, akan muncul berbagai bisnis yang dibangun oleh Muhammadiyah seperti Muhammadiyah Tower, Muhammadiyah Distrik, Muhammadiyah Residance, hingga, kawasan bisnis Muhammadiyah,’’paparnya.

Direktur Utama PT SCA, Asep Salwani, menambahkan, kehadiran Air Minum Suli 5 Tuban di bawah manajemen PT Amanah Sang Surya, merupakan sebuah role model bisnis yang ideal bagi pengembangan bisnis Muhammadiyah. Apalagi dari kepemilikkan saham yang dimiliki mayoritas adalah milik Muhammadiyah dan sisanya adalah investor, dengan konsep kepemilikan seperti ini maka dengan mudah Muhammadiyah akan menjadi play maker bisnisnya.

Di samping itu juga untuk membuktikan bahwa keberadaan Air Minum Suli 5 benar - benar memberikan kontribusi terhadap gerakan dakwah Muhammadiyah. Asep menegaskan dalam akte notaris PT SCA, disebutkan 20 persen keuntungan bersih diberikan langsung kepada Muhammadiyah. "Dengan model seperti itu akan dijadikan kebijakan bagi PT SCA dalam mendirikan air minum Suli 5 diberbagai daerah," ucapnya.

Sementara itu,Direktur Utama PT Amanah Sang Surya Abdul Halim, menuturkan, jika peluang bisnis air minum di Tuban sangat besar sekali, apalagi melihat jumlah para jamaah Muhammadiyah di Tuban merupakan peluang tersendiri. Untuk mengcover pasar tersebut selama ini, PT Amanah Sang Surya telah mentargetkan produksi tiap hari 2000 Air Minum Suli 5 dengan berbagai item. "Saya rasa produksi tersebut sangtat fantastis bagi kami sebagai pemain baru,"tegasnya. [b]

tag: #smesco  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...