Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 03 Sep 2017 - 21:32:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Politikus PKB Ini Sebut Kekerasan Etnis Rohingya Bukan Konflik Agama

67IMG_7737.jpg
Daniel Johan dan Cak Imin saat di di Wihara Dharma Bkati (Cin Te Yen), Jalan Kemenangan No.03, Rt.02/Rw.04, Glodok, Kota, Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017) (Sumber foto : Sahlan Ake)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Politikus PKB Daniel Johan menyampaikan krisis kemanusiaan yang terjadi di kawasan Rakhine, Myanmar murni persoalan politik. Menurutnya, aksi militer dan kekerasan sipil terhadap warga muslim Rohingya bukan faktor ketegangan antar agama.

"Sama sekali ini bukan persoalan agama ya karena di dalam Buddha itu tidak ada satu ayat pun yang membenarkan pemeluk Buddha itu terlibat dalam perang. Apalagi menimbulkan pembunuhan. Itu langsung dianggap melakukan dosa yang sangat besar," kata Daniel di Wihara Dharma Bkati (Cin Te Yen), Jalan Kemenangan No.03, Rt.02/Rw.04, Glodok, Kota, Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017).

Ia menduga persoalan di Myanmar dikarena faktor ekonomi yang memicu perebutan sumber daya alam. Pasalnya, dikawasan penduduk muslim di Rohingya sebagai jalur minyak dan gas.

"Ada konflik kepentingan ekonomi di balik persoalan Rohingya. Di situ ada jalur sumber energi, minyak dan gas. Saya rasa itu yang utama di sana. Dan dibungkus dengan konflik agama dan dipelihara oleh militer Myanmar," katanya.

Daniel mengecam pemimpin kekuasaan Myanmar yang notabene peraih nobel perdamaian Aung San Suu Kyi tak bergeming melihat pembantaian muslim Rohingya di depan mata. Ia mengingatkan agar Aung San Suu Kyi segera ambil kendali cipta situasi damai di kawasan yang selama ini menjadi medan pesakitan bagi warga muslim Rohingya.

"Bahwa pemerintahan Myanmar di bawah kepemimpinan Aung San Suu Kyi harus segera bertindak cepat untuk menuntaskan persoalan ini sampai ke akarnya," jelasnya.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...