Berita

Komisi I: Kita Dukung PT Telkom Miliki 3 Satelit Baru

Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 04 Sep 2017 - 14:54:52 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

31syaifullah-tamliha.jpg

Syaifullah Tamliha (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengapresiasi langkah PT Telkom dalam melayani pelanggannya untuk menghadapi gangguan satelit Telkom I.

"Kita harus apresiasi langkah-langkah PT Telkom yang serius menghadapi gangguan satelit," ujar Syaifullah Tamliha kepada TeropongSenayan, Senin (4/9/2017).

Ia berharap, PT Telkom juga memiliki tiga satelit untuk menjangkau data informasi seluruh Indonesia. 

Sebab, katanya, Indonesia memiliki daerah yang luas serta sumber daya alam yang potensial dan penduduk yang banyak sehingga diharapkan bisa dicover dengan adanya tiga satelit baru.

"PT Telkom harus buat tiga satelit baru lagi, untuk kepentingan Indonesia. Kita pasti akan support PT Telkom agar mewujudkan tiga setelit itu. Nantinya, tiga satelit itu salah satunya digunakan untuk kepentingan militer kita supaya TNI semakin kuat," tegas Syaifullah Tamliha.

Seperti diberitakan sebelumnya, gangguan atau anomali satelit Telkom 1 terjadi sejak Jumat (25/8). Akibatnya, ada ribuan ATM yang terdampak akibat peristiwa tersebut, di antaranya Bank BCA sebanyak 5.700 ATM, Bank BRI 300 ATM, dan 2.000 ATM Bank Mandiri. Ditambah lagi dengan layanan perbankan dari ratusan kantor unit bank-bank besar pun ikut terpengaruh.

PT Telkom juga menegaskan akan menanggung seluruh kerugian akibat gangguan layanan yang diakibatkan dari satelit Telkom 1. Satelit Telkom 1 digunakan oleh 63 pelanggan dengan lebih dari 15.000 site.

Kesepakatan ganti rugi tersebut tertuang dalam kerja sama yang dilakukan antara Telkom dengan pengguna jasa akhir alias end user dan penyedia jasa ke pihak lain atau VSAT.

"Any cost maksudnya adalah cost yang harus kami tanggung supaya layanan segera pulih. Kalau ada kerugian pelanggan, kami dengan pelanggan punya kontrak service guarantee," tutur Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga dalam jumpa pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017).(yn)

tag: #pt-telkom  

Bagikan Berita ini :