Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 05 Sep 2017 - 05:43:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Depan Projo, Jokowi Ceritakan Kesuksesan Bangun Infrastruktur dan Divestasi Freeport

35Jokowisenyum.jpg
Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan sejumlah capaian pembangunan infrastruktur yang telah dibangun sejak dia menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Jokowi menyampaikan hal itu di hadapan ratusan simpatisan yang tergabung dalam Pro Jokowi (Projo).

Menurut Jokowi, pemerintahan kali ini telah banyak membangun jalan tol, pelabuhan, jalur kereta api, hingga bandara. Pembangunan ini dilakukan secara merata dari Pulau Sumatra hingga Pulau Papua.

Hal tersebut dilakukan karena pemerintah tahu infrastruktur ini penting dalam memajukan Indonesia.

"Jadi jangan bilang kalau pembangunan ini belum berjalan. Sudah berjalan (pembangunannya), tapi belum selesai," kata Jokowi dalam pembukaan Rakernas III Projo, Senin (4/9/2017).

Selain itu, pemerintah juga telah memperbaiki pos-pos di perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Banyak pos yang sebelumnya mirip kandang ayam disulap menjadi pos yang megah.

Dia berharap perbaikan ini bisa memberikan gambaran bahwa Indonesia adalah negara besar, dan pos perbatasan ini menjadi kebanggaan serta harga diri negara yang harus ditata sebaik mungkin.

Jokowi menjelaskan, sebuah negara memerlukan infrastruktur yang memadai. Tanpa adanya infrastruktur, jangan harap sebuah negara bisa bersaing dengan negara lain.

Jokowi mencontohkan pelabuhan merupakan infrastruktur penting untuk membawa barang-barang dari satu daerah ke daerah lain. Dengan kondisi Indonesia yang terpisah-pisah oleh lautan, pelabuhan menjadi akses yang sangat penting dalam membawa barang yang diproduksi oleh suatu daerah untuk dijualbelikan.

Selain pembangunan infrastruktur, Jokowi juga membeberkan mengenai kinerja pemerintah dalam mendapatkan divestasi saham 51 persen milik PT Freeport Indonesia (PTFI). Menurut dia, pemerintah hingga periode dulu sebelumnya hanya mampu membeli sembilan persen saham PTFI.

Nilai ini sangat kecil bagi pemerintah. "Dulu sembilan persen diam saja. Ini negosiasi sudah 2,5 tahun, yang insentifnya enam bulan terakhir. Memang alot, kalau enggak ngotot, ya, dapetnya sembilan persen lagi," kata Jokowi.

Jokowi juga senang karena pemerintahan yang dia pimpin berhasil mengakuisisi Blok Mahakam hingga 100 persen untuk dieksplorasi oleh PT Pertamina, yang dulunya dikerjakan oleh perusahaan dari Jepang dan PT Total dari Perancis. Dia menjelaskan, Pertamina harus siap dengan kepemilikin Blok Mahakam hingga 100 persen.

Jika memang Pertamina mau melakukan kerjasama dengan perusahaan lain maka mayoritas kepemilikan tetap harus dipegang oleh Indonesia.

"Masa satu persen saja tidak diberi. Iya yang Blok Mahakam itu diem saja bertahun-tahun," ujarnya. (Rep/icl)

tag: #jokowi  #pilpres-2019  #projo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...