Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 05 Sep 2017 - 13:36:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Yusril Ceritakan Upaya Soeharto Bantu Myanmar Masuk ASEAN

79Soeharto.jpg
Soeharto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menceritakan peran Presiden RI ke-2 Soeharto dalam membantu Myanmar.

Saat itu, terang Yusril, Soeharto membantu mengupayakan agar Myanmar bisa masuk menjadi anggota ASEAN.

"Saya di Setneg zaman Pak Harto, bahkan Pak Harto banyak melakukan upaya-upaya untuk membuka Myanmar terhadap isolasi selama kurang lebih selama 30 tahun," kata Yusril di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Yusril menceritakan, Soeharto berperan meyakinkan negara lain agar menerima Myanmar sebagai anggota ASEAN. Upaya Soeharto sempat mendapat tekanan dari negara lain.

"Saya kira Pak Hartolah yang memimpin meyakinkan negara lain supaya Myanmar diterima sebagai anggota ASEAN. Walaupun ada tekanan dari negara negara barat terhadap pemerintah Indonesia saat itu, Pak Harto menyadari bahwa Myanmar banyak mencontoh Indonesia," katanya.

Sementara pemerintah saat ini melalui Menlu RI Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi telah melakukan upaya terkait krisis kemanusiaan yang dialami warga Rohingya di Rakhine.

Retno bertemu dengan pimpinan Myanmar, Aung San Suu Kyi dan menyampaikan sedikitnya empat hal, seperti mengembalikan stabilitas dan keamanan, menahan diri secara maksimal, tidak menggunakan kekerasan, serta perlindungan kepada semua orang di Rakhine State tanpa memandang suku dan agama.(yn)

tag: #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement