Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 13 Sep 2017 - 11:42:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Penuntutan KPK Dilucuti, Antasari: Indikasi Pelemahan

68Antasari-Azhar.jpg
Antasari Azhar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar meminta pihak-pihak tertentu menghentikan upaya pelemahan KPK.

Menurut Antasari, indikasi pelemahan itu sudah tampak, seperti usulan menghilangkan penuntutan KPK.

"Seperti saran melepaskan penuntutan dari KPK adalah indikasi pelemahan," ujar Anatasari kepada TeropongSenayan, Rabu (13/9/2017).

Antasari juga menegaskan bahwa penyadapan tidak harus izin terlebih dahulu dari pengadilan.

"Kalau ada izin dahulu keluar, pelaku kabur," terang Antasari.

Mantan Kepala Kejaksaan Negeri Baturaja itu menilai, saat ini KPK masih sangat dibutuhkan untuk membersihkan Indonesia dari praktik-praktik korupsi.

"KPK masih diperlukan, harus diperkuat hentikan pelemahan, Presiden sudah ingatkan lawan upaya perlemahan KPK," tandasnya.

Sebelumnya, DPR mengusulkan dalam revisi UU Penyadapan yang akan dibahas tahun depan. Dimana, dalam RUU itu, KPK harus izin terlebih dahulu ke pengadilan untuk melakukan penyadapan.

Selain itu, dalam rapat kerja bersama Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2017), Jaksa Agung HM Prasetyo menyarankan agar fungsi penuntutan tindak pidana korupsi (tipikor) di KPK dikembalikan kepada Korps Adhyaksa.

Menurut dia, Indonesia perlu berkaca pada pemberantasan korupsi di Malaysia dan Singapura. Ia mengatakan, meski kedua negara memiliki aparat penegak hukum khusus untuk memberantas korupsi, kewenangan penuntutan tetap berada pada kejaksaan.(yn)

tag: #antasari-azhar  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...