Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 13 Okt 2017 - 09:40:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolri Sebut 3 Tersangka Kasus First Travel Akan Segera Disidang

12first-travel2.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, tiga tersangka kasus penipuan First Travel akan segera disidang. Ketiganya yakni Andika Surachman, Anniesa Desvitasari atau Anniesa Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki Hasibuan.

Tito pun menjelaskan, saat ini semua bukti penipuan yang dilakukan tiga tersangka tersebut sudah masuk dalam pemberkasan.

"Ini ada tiga tersangka yang sudah kita amankan dan prosesnya sedang diberkas, tidak lama lagi juga akan kita limpahkan ke pengadilan," kata Tito di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Selain itu, Tito menambahkan, pihaknya sudah melakukan rapat lintas sektoral ke Kementerian Politik, Hukum, dan HAM untuk menyelesaikan kasus First Travel.

"Sudah dilakukan rapat lintas sektoral untuk bagaimana menangani terutama jemaahnya," imbuh mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Diketahui, penyidik memperkirakan total jumlah peserta yang mendaftar paket promo umrah yang ditawarkan First Travel sejak Desember 2016 hingga Mei 2017 sebanyak 72.682 orang.

Dalam kurun waktu tersebut, jumlah peserta yang sudah diberangkatkan 14 ribu orang. Jumlah yang belum berangkat sebanyak 58.682 ribu orang.

Sementara perkiraan jumlah kerugian yang diderita jamaah atas kasus ini sebesar Rp 848,7 miliar yang terdiri atas biaya setor paket promo umrah dengan total Rp 839 miliar dan biaya carter pesawat dengan total Rp 9,5 miliar.

Sementara tersangka Andika Surachman juga tercatat memiliki utang kepada penyedia tiket sebesar Rp85 miliar, utang kepada penyedia visa Rp 9,7 miliar, dan utang kepada sejumlah hotel di Arab Saudi sebesar Rp 24 miliar.(yn)

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement