Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 29 Okt 2017 - 08:19:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Ada Artis Batak Marbisuk Dibalik Kehadiran Anies di Gereja HKBP Semper

65ca35a5bb-6a2c-4e77-9e60-2acb8b880e37.jpg
Gubernur Anies Baswedan (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sebagai wujud nyata bahwa seorang gubernur itu harus mengayomi semua warga Jakarta, tanpa melihat latar belakang suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan dan istri, meresmikan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Semper, Jakarta Utara, Minggu (29/10).

Ini kegiatan pertama Anies meresmikan gereja setelah dilantik menjadi gubernur DKI dengan Wakilnya Sandiaga Salahuddin Uno 16 Oktober lalu. Langkah ini semakin memperkuat keyakinan bahwa Anies berjiwa nasionalis dan teguh membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan istri pada acara peresmian gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Semper, Clincing Jakarta Utara, Minggu (29/10/2017) tak lepas dari peran Artis Batak Marbisuk.

Komunitas Artis Batak Marbisuk yang dibina salah satu tokoh Batak Jakarta, Ir Donald Sihombing, juga sebagai salah panitia pembangunan di gereja tersebut. Artis Batak Marbisuk ini belakangan juga diketahui all out dalam mendukung Anies-Sandi di Pilgub DKI 2017 lalu.

Anies Baswedan dan istri dalam kesempatan ini disambut ratusan jemaat HKBP Semper dengan tari tor-tor, khas Batak. Kemudian panitia juga 'mengulosi' Anies dan istri sebagai wujud kecintaan dan penghargaan dari jemaat gereja setempat. Anies dan istri pun tampak gembira saat diulosi Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea.

"Setiap kali saya bertemu dengan orang Batak, selalu dinamis dan memancarkan kasih. Ini peresmian dan tanda tangan pertama, kalau pertama itu tiada duanya," ujar Anies di gedung serbaguna HKBP Resor Semper.

Ia menyebutkan dalam pembangunan tempat ibadah pasti akan menimbulkan masalah, namun ia kagum bahwa jemaat di HKBP Semper bisa menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan masyarakat sekitar.

"Dalam pembangunan pasti itu ada masalah, mungkin warga sekitar terganggu. Meski ada masalah, tetapi diberikan solusi. Ini bisa menjadi contoh bagi tempat ibadah lain di DKI Jakarta. Sampai sekarang ini salah satu asisten pribadi saya adalah seorang cucu mantan Praeses marga Doloksaribu," cerita Anies.

Ia menyebut, dirinya memimpin Ibukota Jakarta untuk semua lapisan suku, agama, dan etnis, tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain.

"Yang saya kagumi dari saudara kita Sumatera Utara ini adalah kekompakannya. Semuaurunan, baik tenaga, pikiran, gagasan, keringat, dan dana. Semua pihak saling bekerja sama dan gotong royong. Semangat gotong royong ini terus kita kembangkan dan interaksi dengan warga sekitar juga semakin baik," katanya.

Anies juga menyatakan ulos yang diterima memberi inspirasi bagi dirinya untuk menjadi pengikat seluruh lapisan masyarakat Ibukota Jakarta yang heterogen dan kompleks.

"Tenun itu harus kuat. Caranya dengan komunikasi baik yang terjalin antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya," katanya.

Sementara itu, Sekjen HKBP, Pdt David Farel Sibuea mengucapkan terima kasih atas kedatangan Anies Baswedan.

"Kami sebagai umat HKBP menitipkan kerukunan antarumat beragama kepada Bapak yang meresmikan gereja ini. Artinya ini pembangunan kita berkelanjutan. HKBP siap mendukung pelaksanaan pembangunan DKI Jakarta di bawah kepemimpinan pak Anies. Mari umat Kristen Batak kita merawat toleransi dan mendukung pemerintahan. Ini adalah kampung kita, ini adalah rumah kita bersama," kata David yang didampingi Pendeta Resort HKBP Semper Anggiat Hutabarat.

Hadir pula dalam peresmian gedung gereja ini anggota DPR dan Ketua Umum Panguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI), Efendi Simbolon.

Usai acara peresmian, dilanjutkan hiburan dan koor dari artis-artis Batak yang tergabung dalam Artis Batak Marbisuk yang diawaki Andi Situmorang, Joel Simorangkir, Herti Sitorus, Josmar Naibaho, dan lain-lain (aim)

tag: #fadli-zon  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...