Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 13 Nov 2017 - 15:00:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Bicara di KTT Asean, Jokowi Angkat Krisis Kemanusiaan Rohingya

68jokowikttasean.jpg
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Joko Widodo saat berbicara pada Pleno KTT ASEAN ke-31 di Philippines International Convention Center Manila, Filipina, Senin (13/11/2017), menyampaikan keprihatinannya terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Presiden berharap Asean tidak tinggal diam menyikapi krisis tersebut.

"Kita semua sangat prihatin dengan krisis kemanusiaan di Rakhine State dan juga paham akan kompleksitas masalah di Rakhine State. Namun kita juga tidak dapat berdiam diri," demikian pernyataan Presiden yang dirilis oleh Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Menurut Jokowi, krisis kemanusiaan ini tidak saja menjadi perhatian negara-negara anggota ASEAN namun juga dunia, sehingga untuk mengatasi krisis kemanusiaan ini harus ada kepercayaan dan solidaritas di antara negara-negara anggota ASEAN.

Presiden juga menyatakan jika krisis ini semakin lama dibiarkan maka akan berdampak pada keamanan dan stabilitas kawasan termasuk munculnya radikalisme dan "trafficking in person".

"Kita harus bergerak bersama. Myanmar tidak boleh tinggal. ASEAN juga tidak boleh tinggal diam," ucap Presiden.

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia sendiri telah turut membantu mengatasi krisis kemanusiaan tersebut dengan berkontribusi memberikan bantuan kemanusiaan.

"Indonesia telah menyampaikan usulan formula 4+1 untuk Rakhine, termasuk mendukung implementasi rekomendasi Kofi Annan," tutur Presiden.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia juga mencatat pidato "Report to the People" dari State Counsellor Myanmar.

Presiden mengharapkan agar tiga butir dalam pidato tersebut yaitu "repatriation" and "humanitarian assistance", "resettlement and rehabilitation" dan "development and durable peace" dapat diimplementasikan.

"Indonesia mengharapkan pembicaraan antara Bangladesh dan Myanmar mengenai repatriasi dapat segera diselesaikan dan diimplementasikan," ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga berharap agar "The ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre)" dapat diberikan akses secara penuh untuk dapat membantu.

"Kegiatan AHA Centre di Myanmar akan baik bagi Myanmar dan bagi ASEAN," ucap Presiden.

Di akhir pidatonya, Presiden menegaskan sekali lagi bahwa krisis kemanusiaan di Rakhine State perlu segera diselesaikan.

"Dan akan baik jika ASEAN menjadi bagian penyelesaian masalah. Kita harus buktikan kepada masyarakat kita dan dunia bahwa kita mampu menangani masalah kita," kata Presiden Jokowi.(plt/ant)

tag: #jokowi  #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...