Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 15 Nov 2017 - 10:29:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilwakot Cirebon, PAN-PKS-Gerindra Bentuk "Koalisi Umat"

58dani-mardani-pan-cirebon.jpg
Dani Mardani (Sumber foto : Istimewa)

CIREBON (TEROPONGSENAYAN)--Guna menghadapi pemilihan wali kota (Pilwakot) Cirebon, tiga partai yakni PAN, PKS dan Gerindra sepakat untuk berkoalisi. Kerja sama ketiga partai itu dinamakan 'Koalisi Umat'.

Ketua DPD PAN Kota Cirebon Dani Mardani mengatakan, Koalisi Umat akan langsung mengkaji calon yang akan diusung pada Pilwalkot Cirebon 2018 mendatang.

Penjaringan Cawalkot, lanjutnya, bakal dibahas di masing-masing partai. Karena, kata Dani, semua partai memiliki mekanisme masing-masing.

"Di Koalisi Umat ini tidak ada yang superior. Kita gunakan prinsip kesetaraan, semua partai berhak mengajukan bakal calon (balon) wali kota," kata Dani usai deklarasi Koalisi Umat di Hotel Prima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/11/2017).

Dani menjelaskan, Koalisi Umat akan memilih pasangan cawalkot melalui berbagai pertimbangan, salah satu dari hasil survei dan rekomendasi dari masing-masing partai.

"Semua partai berhak. Tapi, masing-masing partai tentunya harus berkoordinasi dulu dengan DPP," ujarnya.

Ia tak menampik calon dari eksternal dapat diusung selagi memenuhi syarat. Namun, sambungnya, Koalisi Umat lebih memprioritaskan balon dari internal terlebih dahulu.

"Bisa saja (calon dari luar) sepanjang itu sesuai dengan persetujuan," ucap Dani.

Ketua DPD Partai Gerindra Kota Cirebon Eman Sulaeman mengatakan bakal membangun mekanisme untuk memilih cawalkot dari Koalisi Umat. Utamanya, dia melanjutkan, lebih mempertimbangkan pada aspek kesiapan calon dan hasil survei.

"Kita akan bahas semua, termasuk pemilih calon. Tidak menutup kemungkinan yang dari luar juga bisa dipilih, tapi kita prioritaskan kader internal dulu," ujar Eman.

Menurut dia, Partai Gerindra akan mengeluarkan rekomendasi cawalkot pada Desember mendatang. Semua balon wali kota yang sudah mendaftar di Partai Gerindra, kata Eman, secara otomatis akan dibahas dalam Koalisi Umat.

Ketiga partai tersebut masing-masing memiliki tiga kursi di legislatif.(yn)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement