Berita
Oleh Sahlan pada hari Senin, 20 Nov 2017 - 10:41:25 WIB
Bagikan Berita ini :
Aksi Penyanderaan di Papua

Komisi I: Menko Polhukam Perlu Menjelaskan Definisi Kelompok Bersenjata

99bobby-adhityo.jpg
Bobby Adhityo Rizaldi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi keberhasilan TNI-Polri dalam membebaskan sandera di Papua.

Namun, Bobby juga berharap agar para pelaku penyanderaan ditangkap secepatnya.

"Saya menyarankan dilakukan operasi bersama TNI dan Polri untuk melakukan pengejaran," kata Bobby saat dihubungi, Minggu (19/11/2017).

Selain itu, Bobby juga meminta pemerintah segera merumuskan formulasi keamanan di Papua, karena melihat peristiwa ini, definisi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) perlu diperluas. Pasalnya, hal itu berpotensi menjadi kelompok militer separatis.

"Menko Polhukam perlu meredefinisi kelompok bersenjata itu, karena sepertinya sudah bukan kriminal murni, sangat terorganisir dan menimbulkan dampak teror yang luas dan terhubung dengan organisasi politik di luar negeri," kata Bobby.

Wasekjen Partai Golkar ini juga menilai memang dilema, untuk mengklasifikasi kejadian tersebut, apakah dikategorikan operasi militer selain perang (OMSP), karena khawatir deng potensi pelanggaran HAM yang bisa di jadikan isu negatif di luar negeri.

"Akan tetapi ini perlu segera diputuskan agar aksi kelompok bersenjata ini tidak meningkat menjadi aksi separatis militer," tandasnya.(yn)

tag: #bobby  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement