Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 10 Des 2017 - 08:54:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Tepis Pernyataan Jimly, Fuad Bantah ICMI Dukung Jokowi

82fuad-bawazier.jpg
Fuad Bawazier (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pernyataan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)Jimly Asshiddiqie yang menyebut ICMI mendukung Jokowi terus menuai protes. Anggota Dewan Penasehat ICMI Fuad Bawazier mengatakan, ucapan Jimly bukan mewakili lembaga tersebut.

"Jika benar ada pernyataan seperti itu, dukung mendukung begitu sebetulnya bukan tradisinya ICMI. Kalaupun ada ICMI berbuat seperti itu pasti berdasarkan suatu keputusan rapat yang bersifat nasional. Bukan berdasar pendapat individu. Itu pernyataan individu yang bisa menimbulkan kritik luas di dalam," ujar Fuad kepada wartawan, Sabtu (9/12/2017).

ICMI, menurut Fuad, bukan organisasi yang bergerak di bidang politik. Sehingga pernyataan-pernyataan ketua maupun pengurus yang mengarah ke politik dapat mencoreng tujuan ICMI.

"Saya yakin ICMI tidak akan membuat sikap seperti itu, mendukung Si A, Si B dan lainnya karena itu akan menyimpang dari tradisi maupun niat pendirian suatu organisasi. Bisa memicu nanti pecah organisasinya. Ada yang dukung Pak Prabowo, Pak Gatot. Nggak bisa. Ini bukan organisasi politik," tegas Fuad.

Selain itu, mantan menteri keuangan di era Presiden Soeharto tersebut mengatakan agar para anggota tidak asal sembarang menyampaikan pernyataan. Apalagi jika pernyataan itu berkaitan dengan politik.

"Masing-masing jangan bikin pernyataan seenaknya seolah organisasi pribadi," katanya.

Sebelumnya, Jimly Asshiddiqie yang menjabat sebagai Ketua Umum ICMI mengatakan bahwa ICMI mendukung Jokowi. Tak hanya untuk periode 2014-2019 yang setahun lagi berakhir, tapi juga untuk periode selanjutnya.

"Karena itu, ICMI tidak perlu dan tidak boleh ragu untuk mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo selama 10 tahun. Bukan untuk kepentingan orang per orang. No. Melainkan untuk kemajuan bangsa dalam jangka panjang," kata Jimly di dalam pidato pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional ICMI di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/2017).(yn)

tag: #icmi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...