Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Friday, 17 Jul 2020 - 15:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

ICMI : Meski RUU HIP Diganti RUU BPIP, Rakyat Akan Tetap Menolak

tscom_news_photo_1594963616.JPG
Anton Tabah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Anton Tabah mengatakan meski Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang telah berubah nama tetap tidak diperlukan oleh masyarakat.

Anton menyoroti polemik tentang RUU HIP yang menjadi bola liar di Masyarakat dan menurutnya Pancasila sudah final dan sangat jelas.

Anton menyebut rakyat akan tetap menolak RUU HIP dalam segala bentuk perwujudannya maka dari itu dirinya menyarankan agar pemerintah dan DPR RI untuk tidak membuang-buang energi dengan memaksakan diri membahas RUU tersebut meski mengganti nama RUU tersebut.

"Jika RUU tersebut dilanjutkan dengan nama RUU BPIP, rakyat akan terus melawan. Apalagi sudah lama rakyat nuntut BPIP dibubarkan," kata Anton, melalui keteranganya, Jumat (17/07/2020).

Pengurus MUI Pusat menuturkan kalau pemerintah sebaiknya fokus kepada permasalahan yang kini tengah dilanda masyarakat seperti pandemi corona.

"Sekali lagi jangan buang-buang energi. lebih baik energi DPR dan Pemerintah untuk bangun bangsa yang sedang terpuruk ini daripada buat UU yang berpolemik," tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, dan DPR sepakat mengubah pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menjadi RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP).

Kesepakatan itu diumumkan Mahfud MD dan Ketua DPR, Puan Maharani, kepada wartawan di Gedung DPR/MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/07/2020).

Dalam penjelasannya, Puan menegaskan bahwa RUU BPIP tidak sama dengan RUU HIP yang memuat "pasal-pasal kontroversial" seperti penafsir filsafat dan sejarah Pancasila.

tag: #ruu-hip  #dpr  #icmi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...