Berita
Oleh Agus Eko Cahyono pada hari Rabu, 25 Mar 2015 - 21:41:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahfud : Tak Mungkin Indonesia Jadi Basis ISIS

86Mahfud S.jpg
Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq (Sumber foto : Agus Eko Cahyono)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menegaskan ISIS tidak mungkin bisa berkembang besar di Indonesia. Apalagi menjadikan Indonesia sebagai basis ISIS. Alasannya, kata Mahfudz, di kalangan radikal sendiri terjadi perpecahan.

Menurut Mahfudz, bahkan Al Qaeda yang menjadi induk lahirnya ISIS juga tidak setuju dengan cara-cara ISIS melakukan perjuangan. "Jadi basis ISIS itu tetap di Timur Tengah. Karena tujuan ISIS itu membangun kekhalifahan. Dan itu hanya bisa dilakukan di negera-negera Arab dan dipimpin oleh bangsa Arab sendiri," terangnya kepada TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Lebih jauh mantan Ketua Fraksi PKS ini menjelaskan untuk ekspansi ke negara lain seperti Indonesia itu terlalu jauh. "Mereka ini hanya berupaya memobilissi kelompok-kelompok radikal. Lagipula sulit ISIS menjadi negara jika AS dan negara-negara Arab tidak menyetujui. Saat ini dengan kondisi yang ada, justru yang paling diuntungkan ya pedagang senjata,” tandasnya.

Terkait rencana pemerintah ingin menerbitkan Perppu untuk mencabut kewarganegaraan, Mahfudz melihat hal itu tidak mungkin bisa dilakukan. ”Pasal ini berbahaya. Karena siapa yang memberikan label radikal? Ini kan bisa subjektif penilaiannya. Seharusnya memang menggunakan hukum pidana, tapi masalahnya mereka kalau dituduh melakukan pidana di negara lain, tapi negara ISIS itu kan belum ada,” imbuhnya. (ec)

tag: #Kasus WNI ISIS  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...