Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 05 Jan 2018 - 14:54:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Komunitas Muslim Bali Bersihkan Sampah di Pantai

78sampah.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BALI (TEROPONGSENAYAN) - Komunitas Muslim Bali (KMB) dari berbagai elemen siap melakukan bersih-bersih sampah di Pantai Petitenget, Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, 7 Januari pagi. Koordinator KMB, Ismoyo Soemarlan mengatakan kegiatan tersebut merupakan respon muslim Bali pada permasalahan sampah.

"Sampah mempengaruhi citra pariwisata karena membuat tidak nyaman wisatawan yang berlibur di Bali," katanya, Jumat (5/1/2018).

Ia menjelaskan partisipasi aktif KMB dalam memerangi sampah pantai itu tidak main-main karena aksi sosial ini akan diikuti ribuan umat muslim di Bali. Hingga Kamis (4/1) pukul 18.00 Wita, pihaknya mencatat 3.557 orang dari 49 organisasi/kelompok/komunitas dari berbagai organisasi massa (ormas) yang mendaftar untuk berpartisipasi tanpa membawa atribut warna dan kepentingan.

"Ribuan Muslim itu berasal dari ormas seperti Muhammadiyah dan NU, serta majelis taklim, takmir masjid, pengurus musholla, organisasi pemuda dan pelajar muslim, serta pribadi," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu memang digagas untuk menunjukkan kebersamaan dalam bingkai Nyama Bali, Nyama Selam. "Bagi sebagian turis, sampah pantai dianggap sebagai teror menakutkan, karena itu kami dari Muslim di Bali siap untuk peduli pada problem itu," katanya.

Senada dengan itu, H. Ekky R, dari LPBI NU Wilayah Bali, mengatakan aksi sosial itu memang merupakan kerja bersama Muslim di Bali, untuk kenyamanan wisatawan. "Ini murni aksi sosial, dimana mulai makanan, minuman dan alat untuk bersih-bersih pantai membawa dari rumah masing-masing peserta," katanya. (Ant/icl)

tag: #ormas-islam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Selama Covid-19 TNI Tingkatkan Pengawasan di Daerah Perbatasan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 08 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Asops Kasad) Mayjen Surawahadi mengatakan bahwa TNI meningkatkan pengawasan terhadap pelintas batas negara yang legal ...
Berita

Masih Ingat Kasus Penyelundupan Harley Oleh Dirut Garuda? Simak Apa Kata Mahfud

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pada akhir tahun 2019, PT Garuda Indonesia dihebohkan dengan kasus penyelundupan spare part motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang melibatkan nama Direktur Utama ...