Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 05 Jan 2018 - 14:54:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Komunitas Muslim Bali Bersihkan Sampah di Pantai

78sampah.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BALI (TEROPONGSENAYAN) - Komunitas Muslim Bali (KMB) dari berbagai elemen siap melakukan bersih-bersih sampah di Pantai Petitenget, Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, 7 Januari pagi. Koordinator KMB, Ismoyo Soemarlan mengatakan kegiatan tersebut merupakan respon muslim Bali pada permasalahan sampah.

"Sampah mempengaruhi citra pariwisata karena membuat tidak nyaman wisatawan yang berlibur di Bali," katanya, Jumat (5/1/2018).

Ia menjelaskan partisipasi aktif KMB dalam memerangi sampah pantai itu tidak main-main karena aksi sosial ini akan diikuti ribuan umat muslim di Bali. Hingga Kamis (4/1) pukul 18.00 Wita, pihaknya mencatat 3.557 orang dari 49 organisasi/kelompok/komunitas dari berbagai organisasi massa (ormas) yang mendaftar untuk berpartisipasi tanpa membawa atribut warna dan kepentingan.

"Ribuan Muslim itu berasal dari ormas seperti Muhammadiyah dan NU, serta majelis taklim, takmir masjid, pengurus musholla, organisasi pemuda dan pelajar muslim, serta pribadi," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu memang digagas untuk menunjukkan kebersamaan dalam bingkai Nyama Bali, Nyama Selam. "Bagi sebagian turis, sampah pantai dianggap sebagai teror menakutkan, karena itu kami dari Muslim di Bali siap untuk peduli pada problem itu," katanya.

Senada dengan itu, H. Ekky R, dari LPBI NU Wilayah Bali, mengatakan aksi sosial itu memang merupakan kerja bersama Muslim di Bali, untuk kenyamanan wisatawan. "Ini murni aksi sosial, dimana mulai makanan, minuman dan alat untuk bersih-bersih pantai membawa dari rumah masing-masing peserta," katanya. (Ant/icl)

tag: #ormas-islam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...