Ragam
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 19:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Alergi Ikan, Ganti dengan Tahu Tempe sebagai Sumber Protein

95tempe.jpg
Ilustrasi: Tempe. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan konsumsi ikan bisa diganti dengan sumber protein lain apabila ada riwayat alergi ikan atau komoditas laut lainnya.

"Jadi, kalau saya alergi dengan makanan laut tentu saya mencari makanan lain. Artinya, ayam bisa, telur bisa, daging bisa. Apa saja, protein bisa kita ganti dengan tahu tempe," kata Nila dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Dalam kampanye slogan "Isi Piringku" sebagai pengganti slogan "4 Sehat 5 Sempurna", Kementerian Kesehatan menekankan untuk mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein guna meningkatkan gizi masyarakat.

Pengutamaan konsumsi ikan karena dalam jenis daging berwarna putih memiliki kandungan gizi yang tidak ada di jenis daging berwarna merah. Menkes Nila menyebutkan bahwa susu baik untuk kesehatan, terutama kesehatan tulang. Namun asupan protein di dalamnya bisa diganti dengan sumber lain.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Oscar Primadi, menerangkan Kemenkes saat ini tengah mensosialisasikan slogan Isi Piringku sebagai pedoman pemenuhan gizi masyarakat.

Pada umumnya Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein dengan sepertiga lauk dan dua per tiganya makanan pokok atau karbohidrat.

"Bahwa memenuhi gizi dan vitamin telah menjadi program utama Kementerian Kesehatan di mana kita sedang mengangkat pola gizi seimbang. Hal ini diwujudkan dalam bentuk isi piring makanku. Di dalamnya terdapat protein, mineral, susu, ikan, dan makanan-makanan lain," terang Oscar.

Oscar menegaskan bahwa pola makan dengan gizi seimbang adalah program yang terus digalakkan. "Masyarakat diharapkan lebih menyadari bahwa minum susu baik, makan ikan juga baik. Yang tidak baik itu adalah yang tidak makan kedua-duanya," kata dia. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...