Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 15 Jan 2018 - 22:48:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Balkon BEI Ambruk, Polri Bakal Periksa Kontraktor Bangunannya

32049233700_1515994979-20180115-Lantai-Dua-BEI-Roboh-POOL-1.jpg
Ambruknya balkon BEI. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Polisi masih mencari tahu penyebab ambruknya balkon gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018) siang tadi. Polisi akan mengusut cetak biru (blueprint) bangunan terkait ambruknya gedung tersebut.

“Tiap bangunan punya blueprint, jadi pasti ada keterangan gedung itu kuat hingga berapa tahun. Misalnya, kuat hingga 25 tahun, tapi ini belum sampai umur segitu kok rubuh. Itu diselidiki,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, pada Senin (15/1/2018).

Selain menyelidikiblueprint, Setyo mengatakan polisi juga akan memeriksa kontraktor gedung BEI. “Cari kontraktornya lalu konstruksinya seperti apa,” ucapnya.

Konstruksi balkon lantai satu gedung BEI Tower2 ambruk saat jam makan siang sekitar pukul 12.00. Saat ini, polisi masih menyelidiki penyebab ambruknya balkon tersebut. Setyo memastikan bahwa penyebab ambruknya balkon tersebut bukan disebabkan oleh bahan peledak.

Setyo juga belum bisa memastikan apakah robohnya balkon tersebut disebabkan oleh retakan. Menurut dia, kejadian ini tidak terduga karena struktur gedung BEI selama ini dianggap kuat.

“Inifreak accident. Siapa sangka bangunan sehebat BEI bisa rubuhgitukan? Ini aneh tapi nyata,” ucap Setyo.

Meski demikian, Setyo menduga gedung BEI sempat lolos dari pemeriksaan berkala. “Gedung tinggi itu ada waktu tertentu untuk dicek, tidak mungkin tidak dicek. Mungkin ini lolos dari pengamatan,” ucap Setyo.

Peraturan tentang pemeriksaan gedung secara berkala tertuang dalam Pasal 1 ayat 6 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Pasal itu menyebutkan pemeriksaan berkala adalah kegiatan pemeriksaan keandalan seluruh atau sebagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarananya dalam tenggang waktu tertentu guna menyatakan kelaikan fungsi bangunan gedung.

Saat ini, para korban robohnya balkon gedung BEIdirawat di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo, dan Rumah Sakit Pusat Pertamina. Hingga pukul 15.15, total korban akibat peristiwa ini mencapai 77 orang. (aim)

tag: #bursa-efek-indonesia  #dki-jakarta  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...