Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 22 Jan 2018 - 19:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

5 Bahan Alami untuk Bantu Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

39Lemon.jpg
Lemon dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Gigitan nyamuk jangan diobati dengan cara sembarangan. Karena bisa mengakibatkan kulit lecet yang bisa memicu infeksi. Saat digigit nyamuk pasti akan meninggalkan bekas kulit memerah. Rasanya juga sangat gatal, yang membuat anda tidak nyaman.

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cara aman. Berikut adalah 5 bahan alami yang bisa membantu mengembalikan kulit supaya mulus usai digigit nyamuk.

1. Lemon

Air perasaan lemon dan kulitnya mengandung sifat anti-inflamasi, yang juga bisa menjaga estetika secara alami. Tak salah, ketika anda baru saja digigit nyamuk lalu mengoleskan air lemon yang nyaman. Kulit juga jadi tidak bentol dan meninggalkan warna kemerahan.

2. Bawang putih cincang

Bawang putih cincang juga ampuh membantu mengurangi pembengkakan, serta menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk yang mematikan. Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Oleskan pula bawang putih cincang di bagian kulit yang digigit nyamuk. Efeknya baik, karena tidak meninggalkan bekas luka yang memburuk.

3. Garam

Garam adalah obat rumahan yang mudah untuk menyembuhkan gigitan nyamuk. Sama kandungannya yakni bersifat antiseptik dan anti-inflamasi. Buatlah pasta dengan menggunakan sedikit garam dan air. Lalu, oleskan di area bekas gigitan nyamuk tersebut.

4. Es batu

Es batu juga membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Itu karena suhu dingin membatasi distribusi zat peradangan di daerah bekas gigitan, sehingga bisa hilang dengan instan. Cara mengaplikasikannya yakni bungkus es di kain. Lalu oleskan di daerah yang terkena gigitan sekira 10-15 menit.

5. Minyak kelapa

Kalau punya stok minyak kelapa di rumah, anda juga bisa melindungi kulit agar tidak digigit nyamuk. Karena minyak kelapa mengandung tinggi asam lemak dan polifenol di dalamnya. Senyawa ini menunjukkan khasiat anti-inflamasi yang bisa mencegah gatal dari gigitan nyamuk. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...