Berita

Zulkifli: Tidak Adil, Impor Beras Saat Petani Panen Raya

Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 25 Jan 2018 - 21:01:30 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

93(PAN)Zulkifli.jpg

Zulkifli Hasan (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua MPR Zulkifli Hasan, mengingatkan pemerintah agar tidak melakukan impor beras menjelang panen raya karena membuat harga beras anjlok pada saat panen raya.

"Keputusan mengimpor beras menjelang panen raya menimbulkan ketidakadilan, karena akan merugikan petani lokal," kata dia, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Dia mengimbau Presiden Joko Widodo agar mencegah impor beras menjelang panen raya, karena akan merugikan petani padi yang pendapatannya sudah terbatas.

Kalau sampai dilakukan impor beras menjelang panen raya, menurut dia, maka stok beras akan meningkat tajam yang berdampak pada saat panen raya harga beras akan turun drastis dan petani lokal akan merugi.

"Saya mengimbau presiden, agar jangan sampai ada kebijkan-kebijakan insidental yang dapat mengganggu kebijakan utama pemerintah," katanya.

Pada kesempatan itu, Hasan yang juga ketua umum DPP PAN juga mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan soal penyediaan stok beras.

Menurut dia, pemerintah berupaya meredam kenaikan harga beras tapi jika dengan jalan mengimpor beras, dapat menimbulkan persoalan baru.

Kalaupun sangat terpaksa harus impor, menurut Hasan, sebaiknya tidak langsung disimpan di Indonesia, tapi tetap disimpan di negara asalnya, sampai waktu yang sangat tepat baru kemudian dibawa ke Indonesia.

"Agar petani yang panen raya tidak terkena dampak anjloknya harga beras," katanya. (Ant/icl)

tag: #harga-pangan  #impor-beras  #impor-pangan  

Bagikan Berita ini :