Berita
Oleh Sahlan pada hari Rabu, 31 Jan 2018 - 12:49:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Pansus Angket Usulkan Ada RUU Penyadapan

35Junimart-Girsang.jpg
Junimart Girsang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Panitia Khusus Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansus KPK) telah menyerahkan rekomendasinya ke seluruh fraksi di DPR. Salah satu usulan yang diajukan Pansus yakni Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyadapan.

"Kita sudah putuskan kemarin mudah-mudahan tidak berubah lagi, bahwa di akhir persidangan kita akan ajukan rekomendasi Pansus angket tentang hasil kerja, itu yang pertama," kata Anggota Pansus KPK Junimart Girsang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Kedua, ujar Junimart, ada beberapa rekomendasi Pansus KPK di antaranya tentang sumber daya manusia, keterikatan tenaga kerja di KPK.

"Ketiga kita perkuat KPK, caranya tentu mereka menegakkan hukum dengan tidak melanggar hukum, artinya apa ada nanti UU yang akan kita lakukan atas pengajuan dari DPR tentang RUU Penyadapan. Di situ kita atur bagaimana cara menyadap, lamanya waktu penyadapan, siapa yang bisa disadap dan izin dari mana," katanya.

Dalam penyusunan RUU Penyadapan, kata dia, DPR akan melibatkan KPK.

"Tentu, itu adalah usulan dari saya kemarin, bahwa KPK selaku lembaga yang memerlukan fungsi penyadapan ya harus kita undang. Kita minta masukan, minta pendapat supaya nanti UU tersebut bisa menampung seluruh aspirasi, seluruh pokok pikiran lembaga terkait seperti KPK, Kejaksaan Agung, Kepolisian dan Kemenkumham," katanya.

Menurut politikus PDIP ini, hasil keputusan Pansus KPK bersifat mengikat.

"Secara tata negara tentu keputusan Paripurna harus diikuti oleh siapapun dia termasuk Presiden, kan begitu. Keputusan Paripurna itu menjadi UU yang harus ditaati semua pihak, kan itu fungsi dari DPR," tandasnya.(yn)

tag: #hak-angket-kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...