Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 05 Feb 2018 - 09:09:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Rekomendasi Pansus KPK Tak Menyinggung RUU Penyadapan

38Bambang-Soesatyo-2.jpg
Bambang Soesatyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK sama sekali tidak menyinggung soal RUU Penyadapan.

Hal itu menurut Bambang, karena sudah menjadi domain Komisi III DPR RI berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengamanatkan bahwa penyadapan harus diatur melalui undang-undang.

"Dan itu berlaku bagi semua lembaga penegak hukum dan lembaga lainnya yang diberi kewenangan penyadapan oleh undang-undang," ujar Bambang, Senin (5/2/2018).

Bamsoet, panggilan akrabnya, juga menjamin kesimpulan dan rekomendasi Pansus Hak Angket DPR tentang Tugas dan Kewenangan KPK tidak akan melemahkan KPK. Namun, justru memperkuat institusi tersebut khususnya dalam hal anggaran di bidang pencegahan.

"DPR akan mendorong peningkatan anggaran KPK khususnya di bidang pencegahan melalui upaya-upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyatakat agar perilaku korup yang makin masif ini bisa dikurangi," kata Bambang.

Bambang mengatakan, DPR maupun pemerintah tidak akan ikut campur dalam pembetukan Dewan Pengawas yang direkomendasikan Pansus Angket kepada KPK dan semua diserahkan sepenuhnya kepada KPK untuk melaksakannya atau tidak. Politisi Partai Golkar itu berharap penyelesaian Pansus KPK bisa berakhir soft landing dan makin mendekatkan hubungan DPR dengan KPK.

"Tanggung jawab kita sama yaitu melayani dan mensejahterakan masyarakat, khususnya dalam hal pemberantasan korupsi melalui kewenangan masing-masing yang diberikan oleh undang-undang," katanya.

Karena itu dia sangat berharap DPR dan KPK bisa sama-sama meninggalkan warisan yang membanggakan dan berguna bagi masyarakat.

"Sebagian dari kami bisa saja tidak lagi berada di DPR pada periode 2019-2024 mendatang karena tidak terpilih kembali. Tapi hubungan dan komunikasi antara dua lembaga ini tetap terjaga dengan baik," ujarnya.(yn)

tag: #hak-angket-kpk  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

HNW Minta Kemenag Perhatikan Kebutuhan Mahasiswa yang Tengah Studi di LN Terdampak Covid-19

Oleh Bachtiar
pada hari Selasa, 19 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid meminta Kementerian Agama segera merealisasikan program-program yang sudah disepakati dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR ...
Berita

Bencana Alam Bertubi-tubi, Eksploitasi Alam Harus Diakhiri

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Bencana alam datang bertubi-tibu menghantam negeri ini di awal tahun ini. Banjir besar di Kalimantan Selatan dan sejumlah daerah lain, gempa bumi di Sulawesi Barat, ...