Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 05 Feb 2018 - 17:07:32 WIB
Bagikan Berita ini :

BPOM Ungkap Penyebar Kandungan Babi di Viostin DS dan Enzyplex

72babilagi.jpg
Suplemen Viostin DS dan Enzyplex diketahui mengandung Babi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengatakan, informasi tentang suplemen makanan mengandung DNA babi menjadi perhatian masyarakat setelah salah satu pegawai di lembaga itu menyebarluaskannya.

"Informasi yang keluar itu sedang dalam proses untuk diinformasikan secara resmi kepada masyarakat. Memang bukan informasi yang rahasia," kata Penny dalam jumpa pers di Kantor BPOM, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Penny mengatakan, Viostin DS dan Enzyplex Tablet yang terbukti mengandung DNA babi ditemukan oleh petugas BPOM dan sudah mulai ditarik dari pasaran sejak November 2017. Bukti dan instruksi penarikan dari pasaran kepada produsen ditemukan setelah petugas BPOM melakukan pengawasan pascapemasaran atau "post-market". Setelah temuan tersebut, BPOM sudah mencabut izin edar kedua produk tersebut.

"Penarikan produk itu merupakan tindak lanjut dari pengawasan kami. Kami akan kembangkan untuk memeriksa izin edar produk lainnya," tuturnya.

Menurut Penny, BPOM memberikan waktu kepada produsen untuk menarik dari pasaran dan mengganti bahan baku produk tersebut sebelum dipasarkan kembali.

"Kalau sanksi terhadap pangan bisa dengan tidak memberikan izin edar kembali. Mungkin juga bisa dilakukan untuk obat," katanya.

Sebelumnya, BPOM menyatakan, suplemen makanan Viostin DS produksi PT Pharos Indonesia dan Enzyplex tablet produksi PT Medifarma Laboratories terbukti positif mengandung DNA babi. Yang mengandung DNA babi adalah produk dengan nomor izin edar NIE POM SD.051523771 dengan nomor bets BN C6K994H untuk Viostin DS dan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101 untuk Enzyplex tablet. (Ant/icl)

tag: #babi  #bpom  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...