Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 05:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Waspada, Deddy Mizwar Bisa Salip Keunggulan Ridwan Kamil

10hanura-akhirnya-pilih-dukung-ridwan-kamil-di-pilgub-jabar.jpg
Ridwan Kamil (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Keunggulan tipis pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rind) terhadap pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi hanya berjarak 5 persen. Hal ini terlihat dari hasil survey pra-Pilkada Jawa Barat 2018 yang digelar oleh Cyrus Network. "Selisih elektoral kedua pasangan Rindu dan 2D hanya 5 persen," kata Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid, di kawasan Warung Buncit Raya, Jakarta, Senin (5/2)

Hal tersebut terlihat dari hasil survei Ridwan-Uu 45 persen. Sementara itu, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 40,9 persen. Adapun duet Sudrajat-Syaikhu 5 persen dan TB Hasanudin-Anton 2,5 persen.

Menurut dia, hasil temuan survei ini juga memperlihatkan bahwa Uu tidak memberikan nilai tambah elektoral signifikan terhadap Ridwan Kamil. Sebab, di beberapa survei sebelumnya elektabilitas Ridwan Kamil secara personal sudah di atas 40 persen.

"Sedangkan pada pasangan 2D keduanya saling memberi nilai tambah signifikan, sehingga ketika dipasangkan mereka mampu mengejar elektabilitas Ridwan Kamil-Uu," paparnya.

Eko menambahkan, meskipun pasangan Sudrajat-Syaikhu dan TB Hasanudin-Anton masih rendah, bukan berarti tidak mempunyai peluang untuk naik. Karena, baru 30 persen masyarakat yang menyatakan pilihan bulat.

"Masih ada 70 persen yang masih bisa berubah empat bulan ke depan," ujarnya.

Menurutnya, bila mesin Partai Gerindra, PKS, dan PDIP bergerak, bisa menggerogoti lumbung suara pasangan Rindu dan 2D.

"Diperkirakan dua pasangan yang saat ini di bawah bisa naik dua digit bila mesin partai bergerak, meskipun kecil kemungkinan untuk mengungguli pasangan Rindu dan 2D," jelasnya.

Survei ini dilakukan dengan teknik multistage random sampling pada 16-22 Januari 2018. Survei dilakukan terhadap 1.000 responden yang tersebar secara proporsional di 27 kabupaten/kota Jawa Barat.

Proporsi responden pedesaan 34 persen dan responden di wilayah kota 66 persen. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dengan margin of error sebesar 3,1 persen. (aim)

tag: #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...