Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 09:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Jangan Hanya Jadi Pasar Bagi Pemain Keuangan Syariah

54Presiden-Jokowi.jpg
Presiden Joko Widodo. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak ingin jika Indonesia hanya menjadi pasar bagi perusahaan yang bergerak di sektor keuangan syariah.Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia harus menjadi motor dari keuangan syariah tersebut.

Jokowi mengungkapkan, saat ini porsi aset perbankan syariah baru mencapai 5,8 persen dari total aset perbankan di Indonesia. Padahal sebagai negara Muslim terbesar, Indonesia memiliki pangsa pasar perbankan syariah yang sangat besar.

"Sebagai negara dengan potensi penduduk Muslim terbanyak, kita serius. Aset syariah pada 2017 Rp 435 triliun, 5,8 persen total aset perbankan. Pasar modal syariah, kita penerbitsovereignsukuk syariah sebesar 4,19 persen dari seluruh negara. Untuk lembaga keuangan nonbank naik dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir," ujar dia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Namun Jokowi tidak ingin masyarakat Indonesia hanya memandang ekonomi syariah hanya dari sisi jasa keuangan saja. Sebab, ekonomi syariah bisa digali dari berbagai sisi seperti industri fesyen, makanan, hingga pariwisata.

"Dalam ekonomi syariah, mulai industri fashion, makanan halal, farmasi dan pariwisata. Makanan halal terbesar di dunia, lima besar pangsa pasar kosmoetik. Turis terbanyak dari anggota OKI. Pengeluaran global mencapai US$ 169 miliar atau 11,8 persen dari pengeluaran konsumsi syariah," jelas dia.

Melihat hal tersebut, Jokowi tidak ingin jika Indonesia hanya menjadi pasar bagi perusahaan-perusahaan asing yang bergerak di sektor syariah. Dengan didukung oleh jumlah penduduk muslim yang besar, Indonesia harus bisa menjadi pemain utama di sektor tersebut.

‎"Kita jangan hanya menjadi target pasar. Kita harus menjadi penggerak utama pasar syariah. Data yang saya terima masih menunjukkan, pembiayaan syariah 41,8 persen untuk konsumsi. Sementara investasi dan modal kerja hanya 34,2 persen dan 23,2 persen.Terakhir, reformasi pengelolaan zakat sehingga mendukung pengentasan kemiskinan dan ketimpangan," tandas dia. (aim)

tag: #jokowi  #jokowi-langgar-uu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...