Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 16:12:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Dua Menteri Diminta Mundur Soal Bencana Proyek Infrastruktur Jokowi

65PERIMETERAMBROL.jpg
Sebuah mobil tertimpa Jalan perimeter bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, yang ambrol, Senin (5/2/2018). (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing menilai dua menteri di kabinet Jokowi harus mengundurkan diri terkait proyek infrastruktur yang menelan korban jiwa.

“Yang paling bertanggungjawab atas kegagalan manajemen konstruksi yaitu dua menteri, Menteri PUPR dan Menteri BUMN,” katanya dalam siaran pers, Selasa (6/2/2016).

Menurutnya, kedua Menteri terebut harus bertanggung jawab atas korban jiwa yang terjadi karena tragedi di sejumlah proyek infrastruktur tersebut. Hal itu juga menunjukkkan manajamen konstruksi di Indonesia, khususnya bidang pengawasan konstruksi bangunan, sangat buruk dari kementerian PUPR dan Kementerian BUMN.

"Karena itu, sangat wajar kedua menteri tersebut sejatinya secara satria dan dalam waktu sesingkat-singkatnya meminta maaf kepada keluarga korban dan kepada seluruh rakyat Indonesia. Setelah pernyataan maaf, saat itu juga kedua menteri sebaiknya meletakkan jabatannya, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban publik. Jangan menambah beban politik Presiden dengan menunggu reshuffle. Ini tidak baik," tegas Emrus.

"Tiga peristiwa ini menelan korban meninggal sia-sia serta luka-luka parah dan ringan. Keluarga yang ditinggal pasti dalam kesedihan. Ini tidak boleh terulang," ucapnya.

Sejumlah proyek infrastruktur pemerintah menelan korban. Terakhir, ambrolnya tembok di jalan perimeter bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Kejadian tersebut menelan korban jiwa dan mencederai warga yang tertimbun puluhan ton ambrolnya jalan tersebut. (icl)

tag: #bencana-proyek  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...