Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 12 Feb 2018 - 15:42:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Tokoh Agama Diserang, BIN Dinilai Kurang Sigap

14renimarlinawati2.jpg
Reni Marlinawati (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati menilai, Badan Intelijen Negara (BIN) serta badan intelijen keamanan (Baintelkam) Polri kurang sigap mendeteksi dini potensi kekerasan terhadap tokoh agama.

Dia pun mengaku prihatin atas peristiwa penyerangan yang terjadi di Gereja Lidwina Sleman, Yogyakarta.

"Kekerasan atas nama apapun tidak boleh terjadi. Kami meminta aparat penegak hukum melakukan tindakan yang tegas atas peristiwa tersebut," kata Reni saat dihubungi, Senin (12/2/2018).

"Peristiwa kekerasan hingga empat kali kepada tokoh agama menunjukkan kinerja intelijen kita kurang maksimal. Saya berharap, kinerja intelejen lebih ditingkatkan, agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi," tambahnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini mengatakan, kekerasan yang menimpa jemaat gereja Lidwina ini melengkapi peristiwa sebelumnya terhadap tokoh agama seperti terhadap Biksu di Kabupaten Tangerang, aktivis Islam serta seorang kiai di Bandung, Jawa Barat.

Legislator dari Dapil Kabupaten dan Kota Sukabumi itu pun beraharap, peristiwa tersebut jangan sampai menjadi tren kekerasan terhadap tokoh agama, sehingga menimbulkan keresahan bagi pemeluk beragama di Indonesia.

"Kami juga mendorong Kementerian Agama untuk secara intens menggelar dialog antaragama untuk memastikan sikap toleransi antarumat beragama serta internal umat beragama," tuturnya.

"Langkah ini penting untuk memastikan hubungan antaragama di Indonesia berjalan dalam suasana yang kondusif. Terlebih dalam menyongsong tahun politik yakni pilkada serentak di 171 daerah," pungkasnya.(yn)

tag: #pemuka-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement