Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 15 Feb 2018 - 16:56:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Apakah Sosis Itu Sehat?

80sosis-alodokter.jpg
Sosis. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Masalah terbesar dengan makanan saat ini adalah label pada makanan. Makanan mungkin disebut 'bebas lemak' atau 'bebas gula' atau 'bebas gluten'. Label makanan namun sudah pasti membuat konsumen bingung.

Satu jenis makanan terbiasa dilahap masa kini adalah makanan olahan. Manusia masa kini sering tak terhindari melahap makanan cepat saji. Sosis dan salami adalah contoh sempurna dari hal ini.

Tidak hanya mudah didapat tapi juga mudah terjangkau bagi populasi pekerja. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasaknya di wajan atau microwave. Tapi apakah konsumsi sumber protein olahan ini sehat?

Sangat diproses

Sosis dan salami adalah daging olahan yang bisa membahayakan tubuh Anda dalam jangka panjang. Untuk meningkatkan daya tahan sosis dan salami, pabrikan sering menambahkan bahan yang mungkin tampak tidak berbahaya saat ini namun menyebabkan kerusakan permanen pada proses pencernaan Anda.

Bahan tambahan

Agar salami dan sosis lebih enak dan adiktif, ada bahan makanan yang tidak diketahui sering ditambahkan yaitu enhancer. Ini mengandung komposisi kimia yang meningkatkan rasa daging olahan dan seringkali berbahaya.

Tinggi sodium

Garam kadar tinggi ditambahkan ke salami dan sosis untuk mempertahankan rasa mereka. Konsumsi natrium dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi dan kondisi jantung.

Bahan sintesis

Meski sudah banyak penelitian yang menyebutkan adanya bahan sintetis pada daging olahan seperti salami dan sosis, belum ada bukti kuat yang ditemukan. Sosis dan salami biasanya terbuat dari usus daging babi, daging sapi, dan ayam. Namun, ada kemungkinan bahwa ini juga mengandung bahan sintetis untuk meningkatkan jumlahnya.

Nitrosamin

Daging olahan membentuk nitrosamin saat mereka terkena panas tinggi. Misalnya, jika Anda menggoreng sosis atau salamis sebelum mengonsumsinya atau dimasukkan microwave untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebagai per studi, nitrosamin adalah alasan utama kanker usus. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...