Ragam
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 24 Feb 2018 - 12:50:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Empat Tips Atasi Rambut Rontok untuk Hijaber, Tanpa ke Salon

15LBH036-03.jpg
Ilustrasi: wanita berhijab. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Tidak sedikit wanita yang menggunakan hijab mengalami berbagai masalah rambut. Mulai dari berminyak, ketombe, hingga kerontokan. Berbagai masalah ini timbul dan dipicu kondisi kepala yang terbungkus hijab seharian.

Menurut dr. Gloria Novelita, Sp.KK, kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Jika kulit kepala dalam kondisi lembap dan tertutup membuat kelenjar ini bekerja terlalu keras dan menghasilkan lebih banyak minyak.

Kondisi demikian mengakibatkan terjadinya infeksi jamur atau ketombe hingga akhirnya menjadi rontok. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan oleh para pengguna hijab untuk bisa menghindari masalah kerontokan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Ketika mengikat rambut

Para hijaber umumnya mengikat rambut begitu kuat. Ini dilakukan mereka karena alasan agar mereka tidak perlu bolak-balik ke toilet untuk memperbaiki bentuk hijab akibat rambut yang berantakan.

"Men-stylingboleh tetapi jangan mengikatnya terlalu keras. Dan usahakan jangan melakukan penekanan (mengikat kencang) pada 1 tempat karena akan memperlemah akar rambut," jelas dia.

2. Penggunaaninner(ciput)

Dia menyarankan agar menggunakan ciput berbahan katun atau silk dan hindari menggunakan ciput berbahan polyester.

"Misalnya individu yang memiliki kecenderungan berketombe menggunakan ciput berbahan polyester malah bisa merangsang ketombe lebih banyak dan menyebabkan kerontokan. Mengingat bahan tersebut tidak menyerap keringat di kulit kepala dan membuat kepala menjadi lembap," terang dia.

3. Perawatan rambut

Gloria menyarankan untuk menggunakan shampo yang memiliki bahan aktif seperti Tricazol dan Krimazol untuk mencegah kerontokan rambut.

4. Penggunaan handuk untuk mengeringkan rambut

Dia menyarankan ketika mengeringkan rambut usahakan jangan melilitkan handuk ke bagian kepala. Karena hal tersebut dapat memicu kerontokan yang lebih banyak. Anda cukup menepuk-nepuk rambut yang basah.

"Kalau ingin mengeringkan rambut bisa menggunakanhair dryer,kan sekarang sudah adahair dryeryang hanya angin saja tanpa suhu. Atau bisa menggunakan kipas angin," jelas dia. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...