Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 27 Feb 2018 - 14:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Cara Alami Halau Serangan dan Gigitan Nyamuk ke Tubuh Kita

26274009_ilustrasi-gigitan-nyamuk_663_382.jpg
Cara alami untuk halau serangan dan gigitan nyamuk. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Musim dengan hawa panas pun tiba. Seperti biasa, tamu tak diundang nyamuk pun dengan sigap berdatangan ke rumah kita. Bentuknya yang kecil dengan suara mendenging yang mengganggu, sering kali membuat kita jengkel.

Tak hanya itu, gigitannya bisa membuat kita gatal-gatal. Dan, nyamuk ini pun membawa penyakit berbahaya seperti Chikungunya dan Demam Berdarah. Untuk menangkis serangannya di dalam rumah, kita bisa membakar obat nyamuk atau menyemprotkan obat nyamuk. Tapi, bagaimana jika kita berada di luar ruangan?

Salah satu caranya adalah dengan mengontrol apa yang kita makan. Sejumlah makanan tertentu ternyata mampu mengusir nyamuk dari tubuh kita secara alamiah. Dikutip dari TNN, itu disebabkan makanan-makanan ini punya bau yang tidak disukai nyamuk. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Bawang putih dan bawang merah

Dua bahan makanan ini memang kondang bisa menghalau nyamuk. Bawang merah dan bawang putih membuat Anda merilis senyawa bernama allicin saat menyantapnya. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menyantapnya dalam kondisi mentah atau tambahkan pada makanan Anda.

2. Cuka sari apel

Nyamuk biasanya tidak menyukai bau yang dikeluarkan tubuh Anda setelah Anda mengonsumsi cuka sari apel. Makanan ini mengubah bau normal tubuh Anda untuk membuatnya tidak disukai nyamuk. Konsumsilah satu sendok teh cuka apel tiap hari baik dengan cara meminumnya atau menambahkannya ke dalam madu, sup atau salad.

3. Cabai

Kalau Anda suka cabai, maka inilah bonusnya: bahan makanan ini menghalau nyamuk. Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang memproduksi panas yang membantu menghalau nyamuk. Tambahkan cabai dalam makanan favorit Anda dan Anda pun bebas nyamuk.

4. Serai

Serai mengandung minyak yang disebut citronella, yang kondang mampu menghalau serangga. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkannya dalam sup atau kari.

5. Kacang-kacangan, lentil dan tomat

Tiga bahan makanan ini sama-sama mengandung thiamine, komponen yang membuat Anda merilis bau pengusir serangga. Tambahkan ketiga bahan makanan ini pada makanan Anda, maka Anda pun bisa terbebas dari gangguan nyamuk.

6. Vitamin B

Menurut Empire State Lyme Disease Association, vitamin ini mengubah bau tubuh Anda untuk mengusir nyamuk. Sumber vitamin ini termasuk susu, kacang, oat, jeruk dan kacang polong. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...