Ragam
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 27 Feb 2018 - 15:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekstrak Tomat Menghambat Pertumbuhan dan Kloning Sel Kanker Perut

63tomat.jpg
Tomat. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sebuah kajian yang membuka jalan bagi terapi untuk mengobati kanker perut mengungkapkan ekstrak tomat mampu menghambat pertumbuhan dan kloning sel kanker perut yang ganas. Hasil ini diperoleh dari analisa ekstrak tomat utuh untuk mencari tahu kemampuan mereka dalam memerangi jalur sel kanker perut.

“Efek antitumornya tampaknya tidak terkait komponen spefisik, sepreti lycopene, tapi lebih mengindikasikan tomat seharusnya dianggap dalam entitas mereka,” ujar Daniela Barone, periset di Oncology Research Cenre of Mercogliano (CROM) di Italia.

Kajian itu menemukan ekstrak varietas tomat San Marzano dan Corbarino mampu menghambat pertumbuhan dan sifat kloning sel yang ganas itu. Perawatan dengan ekstrak tomat utuh mempengaruhi proses utama dalam sel yang menghambat kemampuan migrasi mereka, menangkap siklus sel melalui modulasi protein keluarga retinoblastoma dan penghambat siklus sel spesifik dan pada akhirnya menyebabkan kematian sel kanker melalui apoptosis.

“Hasil kami memicu penaksiran yang lebih jauh mengenai potensi penggunaan nutrisi spesifik tidak hanya pada pencegahan kanker tapi juga strategi suportif bersamaan dengan terapi konvensional,” ujar Antonio Giordano, dosen di University of Siena di Italia.

Tomat dikonsumsi di seluruh duia dan merupakan bahan pokok dalam diet Mediterania, yang diperkirakan mampu menurunkan risiko kanker. Berbagai komponen tomat juga dianalisa atas kemampuan mereka untuk melawan pertumbuhan tumor di sistem eksperimental, meski sejumlah kajian mengalisa efek tomat di entitasnya.

“Spesies berbeda mungkin menggunakan efek berbeda, pada tahap neoplasma tertentu yang berbeda,” kata Barone.

Kanker perut adalah tipe keempat kanker paling umum di dunia. Kanker ini diasosiasikan dengan penyebab genetis, infeksi Helibacter pylori dan kebiasaan makan seperti konsumsi makanan yang dibakar dan diasinkan. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...