Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 28 Feb 2018 - 15:43:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Kata Sri Mulyani, Bos IMF ke Indonesia Bukan Ngasih Utang

67Jokowi-Sri-Mulyani-Lagarde.jpg
Presiden Joko Widodo dan Sri Mulyani mendampingi Christine Lagarde saat blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengunjungi Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani membantah kedatangan Lagarde untuk memberikan utang kepada pemerintah.

Sri berdalih, Lagarde datang ke Indonesia hanya merupakan rangkaian dari persiapan pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia yang akan digelar di Bali, Oktober 2018 mendatang.

"Di media sosial ada yang bertanya, 'untuk apa Bos IMF datang ke sini apa mau ngasih utang' saya jawab tidak," tegas Sri Mulyani, Selasa (27/2/2018).

Ia melanjutkan, pemerintah bahkan senang untuk menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Jika ada tantangan dalam penerapan kebijakan, pemerintah pun tak segan untuk meminta masukan dari Lagarde.

"Kami bahkan senang untuk menjelaskan karena kami tahu apa yang ingin dituju dan policy yang baik ini tidak mudah dihasilkan, sehingga kami senang untuk terbuka kepada dunia," imbuh dia.

Dalam kesempatannya ke Indonesia, Lagarde memuji Indonesia karena telah berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 40 persen dan meningkatkan 6 persen angka harapan hidup dalam dua dekade terakhir.

Tak hanya itu, ia juga memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,3 persen di tahun 2018 dan bisa menanjak dalam jangka menengah.

Hanya saja, ia memperingatkan Indonesia terkait kondisi eksternal yang kian tak menentu dan dampaknya terhadap dunia usaha, pendapatan, dan pencipataan lapangan pekerjaan. Salah satu sentimen global yang perlu diwaspadai Indonesia adalah kebijakan normalisasi suku bunga acuan di negara-negara berkembang.

"Kami sudah paham bahwa sentimen ini akan datang, tapi tetap saja masih ada ketidakpastian yang membayangi negara-negara berkembang termasuk Indonesia," ujar Lagarde.(yn)

tag: #imf  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...