Berita
Oleh untung ss pada hari Kamis, 09 Apr 2015 - 07:29:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Lima Indikator Jatuhnya Pemerintah, Tiga Sudah Terpenuhi

90ichsanudin noorsy.jpg
Ichsanudin Noorsy (Sumber foto : Eko Hilman)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ada lima indikator yang bisa menumbangkan pemerintahan Joko Widodo. Dari lima itu tiga diantaranya sudah terpenuhi. Karenanya bila Jokowi tidak mampu menjaga dua indikator lain, pemerintahan tinggal menunggu waktu.

Menurut pengamat ekonomi dan politik UGM Ichsanudin Noorsy, lima indikator yang dimaksud adalah, pertama kenaikan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat. Kedua, tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah makin menurun. Ketiga, tingkat kepercayaan rakyat kepada pemimpin formal mulai hilang.

Yang keempat, beban ekonomi, sosial, politik makin berat sehingga melahirkan kemarahan rakyat. Kelima, munculnya pemimpin baru yang mampu memberi harapan dan jalan keluar.

Baca juga :Kesuksesan Jokowi Itu Palsu

"Saya kira indikator pertama terpenuhi, kedua dan ketika setengah terpenuhi dan dan indikator 4 dan 5 belum terpenuhi," kata Ichsanudin Noorsy, Kamis (09/04/2015).

Baca juga : Libatkan KPK Pada Awal Penyusunan Kabinet Hanya Pencitraan

Karena ada indikator yang belum terpenuhi gerakan penjatuhan pemerintahan masih jauh. Apalagi media belum memvonis pemerintah Jokowi amburadul.

Baca juga :Coba jujur, semakin ke sini makin terlihat bahwa Presiden gak mampu berbuat apa-apa

Masih berdirinya pemerintahan saat ini, kata Ichsanudin, karena Jokowi masih memenuhi janjinya kepada lembaga multilateral dan negara adi daya. Misalnya memberlakukan mekanisme pasar dan privatisasi proyek strategis, mulai pembangkit listrik, pembangunan infrastruktur dan tol laut. Ini membuat dukungan mereka bisa mengkanalisasi upaya kelompok yang ingin menjatuhkan.(ss)

tag: #indikator jatuhnya pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement