Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 30 Apr 2018 - 09:12:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Puan Tawarkan Kurikulum Islam Moderat dan Toleran

35Puan-Maharani-pdip.jpg.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

PANDEGLANG (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, pemerintah menawarkan penerapan kurikulum Islam moderat dan toleran guna menangkal paham radikalisme.

Jika disetujui, kurikulum ini akan diterapkan mulai dari jenjang pendidikan taman kanak-kanak (TK) hingga universitas

Kita berharap penerapan kurikulum itu terlebih dahulu dilakukan kajian yang mendalam," kata Puan saat mengunjungi pusat Pendidikan Mathla'ul Anwar di Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang, Minggu (29/4/2018).

Penerapan kurikulum Islam moderat dan toleran atas usulan Grand Syech Imam Besar Al-Azhar Kairo dan Grand Syeh Mukti Kairo, Mesir setelah melaksanakan ibadah umrah belum lama ini. Namun, sebelum kurikulum itu diterapkan tentu berkaitan agama, sosial dan tokoh-tokoh juga diperlukan masukan-masukan bagaimana kurikulum tersebut.

Apakah kurikulum itu bermanfaat untuk menangkal paham radikalisme sejak dini. Pihaknya juga nanti akan mengundang Mathla'ul Anwar untuk berdiskusi dan masukan-masukan bagaimana penerapan kurikulum tersebut.

Sebab, usulan Grand Syech Imam Besar Al-Azhar Kairo dan Grand Syech Mukti Kairo, Mesir sangat bagus untuk mengedepankan Islam dan toleran guna menangkal paham radikalisme. Apabila, penerapan kurikulum disetujui tentu akan diterapkan jenjang pendidikan taman kanak-kanak (TK) hingga universitas.

"Kita tentu memiliki tanggung jawab dan melaksanakan secara gotong royong agar kurikulum itu bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan penerapan kurikulum Islam moderat dan toleran tetap terlebih dahulu dilakukan pengkajian dengan mengundang para pakar, tokoh agama dan masyarakat.

"Kita mendukung kurikulum itu karena dapat menangkal paham radikalisme," katanya.(yn/ant)

tag: #puan-maharani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...