Berita

Mako Brimob Rusuh, Fahri Singgung Ahok

Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 09 Mei 2018 - 14:09:51 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

24Ahok_tscom.jpg.jpg

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menduga terjadinya kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/5) malam karena perlakuan tidak adil. Ia pun menyinggung narapidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Salah satunya kan kita kalau memakai asas kepastian hukum dan prinsip kesamaan di depan hukum harusnya itu dilakukan. Jadi itu yang saya bilang aparat penegak hukum itu kayak ada perasaan bersalah telah menghukum Ahok. Dan itu yang dibaca orang dan itu yang menyebabkan munculnya ketidakpastian," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Untuk itu, ia meminta agar Ahok dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) agar tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan di publik.

"Jadi kenapa dia (Ahok) tidak masuk LP, yang lain masuk LP. Jadi sekali lagi APH itu tidak cukup berbuat adil, tapi harus nampak berbuat adil," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta agar APH melakukan evaluasi terhadap penjagaan agar tidak terjadi lagi kerusuhan-kerusuhan yang berulang.

"Harus ada evaluasi yang menyeluruh kenapa di Mako Brimob itu suka terjadi gejala seperti itu (kerusuhan)," tuturnya.

Diketahui, Narapidana Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, mengamuk, Selasa (8/5) malam. Kerusuhan antara napi dengan petugas tak bisa dihindari lagi.

Pemicunya, dari titipan makanan yang dibawa keluarga napi. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Prabowo Yuwono mengungkapkan peristiwa berawal setelah waktu salat Magrib.

"Saat salat Maghrib selesai, ada napi yang menanyakan titipan makanan dari keluarganya," ujar Argo dalam pesan singkatnya, Rabu (9/5).(yn)

tag: #kerusuhan  #ahok-gate  #fahri-hamzah  

Bagikan Berita ini :