Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 15 Mei 2018 - 10:56:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Rupiah Melemah ke Angka Rp 14.012 Senin Pagi

4rupiah-dolar.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa (15/5/2018) pagi melemah 49 poin menjadi Rp 14.012 dibanding posisi sebelumnya Rp 13.963 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah relatif masih bergerak stabil seiring dengan cukup kuatnya optimisme pemerintah terhadap ekonomi nasional," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Ia menambahkan, sejumlah data ekonomi nasional yang telah dirilis juga menunjukan perbaikan. Data terbaru yakni defisit transaksi berjalan tercatat 5,5 miliar dolar AS (2,1 persen PDB) pada triwulan I 2018, lebih rendah dari defisit pada triwulan sebelumnya yang mencapai 6,0 miliar dolar AS (2,3 persen PDB).

Reza menuturkan, nilai tukar rupiah juga relatif terjaga fluktuasinya seiring ekspektasi pasar terhadap neraca perdagangan pada bulan April yang positif.

"Di tengah situasi domestik yang kondusif, diharapkan pergerakan rupiah dapat lebih stabil," katanya.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Rully Nova mengatakan pergerakan nilai tukar rupiah masih terpengaruh sentimen eksternal, salah satunya prospek kenaikan suku bunga The Fed.

"Sentimen eksternal masih mempengaruhi pergerakan rupiah, namun sentimen dari dalam negeri yang relatif kondusif menahan tekanan rupiah lebih dalam," ujarnya.(yn/ant)

tag: #rupiah  #dolar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...