Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 08 Jun 2018 - 16:27:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Yudi Latif Mendadak Mundur, DPR Minta Jokowi Jelaskan Polemik di BPIP

52yudi.jpg.jpg
Yudi Latif (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mempertanyakan mundurnya Yudi Latif dari jabatan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pasalnya, keputusan tersebut terkesan dadakan tak lama setelahmasyarakat meributkan besaran gaji pejabat BPIP yang dinilai fantastis.

“Gaji BPIP sempat menjadi sorotan, khususnya untuk Dewan Pengarah. Isu itumereda setelah diklarifikasi pemerintah, tapi Kepala BPIP tiba-tiba mundur. Ada apa ini di internal BPIP?” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Karena itu, Taufik meminta Presiden Jokowi untuk menjelaskan perihal mundurnya Yudi Latif tersebut. Sebab, kehadiran BPIP yang diharapkan menjadi harapan baru masyarakat malah berujung polemik.

“Kita berharap BPIP tampil dan menjawab harapan masyarakat dalam membumikan Pancasila, dan membantu Presiden dalam merumuskan arah pembinaan ideologi Pancasila. Apalagi di tengah masifnya paham radikalisme,” pungkasWaketum PAN itu.

Diketahui, sebelumnya, Yudi Latif mengundurkan diri sebagai Kepala BPIP melalui pesan perpisahan yang beredar di media sosial.

"Saya mohon pamit. Segala yang lenyap adalah kebutuhan bagi yang lain, (itu sebabnya kita bergiliran lahir dan mati). Seperti gelembung-gelembung di laut berasal, mereka muncul, kemudian pecah, dan kepada laut mereka kembali,” kata Yudi Latif dikutip dari suratnya.

Pada awal pembentukan badan itu yang dimulai dari Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Kemudian bertransformasi jadi BPIP per Februari 2018.

“Saya merasa, perlu ada pemimpin-pemimpin baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Sehingga harus ada daun-daun yang gugur demi memberi kesempatan bagi tunas-tunas baru untuk bangkit. Sekarang, manakala proses transisi kelembagaan menuju BPIP hampir tuntas, adalah momen yang tepat untuk penyegaran kepemimpinan,” katanya.

Kepala BPIP merupakan pelaksana sehari-hari. Dia di bawah Dewan Pengarah BPIP yang diketuai Megawati Soekarnoputri. Duduk sebagai Anggota Dewan Pengarah BPIP yaitu Mahfud MD, Ketua MUI Ma`ruf Amin, Ketum PBNU Aqil Siradj hingga Sudhamek. (Alf)

tag: #bpip  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...