Hamas Kecam Kunjungan Yahya Staquf ke Israel
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 12 Jun 2018 - 13:54:41 WIB

Bagikan Berita ini :

17Hamas-Logo.jpg.jpg
Sumber foto : Istimewa
Logo Hamas

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kunjungan Katib Aam NU Yahya Cholil Staquf mendapat protes keras dari kelompok perlawanan Palestina Hamas.

Hamas menegaskan kunjungan itu dilakukan di tengah penolakan masyarakat dan tidak adanya hubungan diplomatik Indonesia dengan Israel.

“Kami menghargai sikap bersejarah Indonesia yang mendukung hak-hak bangsa Palestina dan perjuangannya untuk kebebasan dan kemerdekaan,” ujar Hamas dalam pernyataan resminya, Senin (11/6/2018), dikutip dari laman Anadolu Agency.

Hamas mengatakan kehadiran Yahya di acara tersebut tidak hanya penghinaan terhadap rakyat dan pengorbanan bangsa Palestina, tetapi juga kepada rakyat Indonesia dan sejarah panjangnya dalam mendukung perjuangan Palestina.

“Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan besar dan pengakuan bagi rezim fasis ini,” ujar Hamas.

Selain itu, Hamas menilai kehadiran Yahya akan memberikan pembenaran bagi Israel untuk melakukan kejahatan lebih lanjut terhadap rakyat dan tempat-tempat suci bangsa Palestina.

Hamas juga menyampaikan kunjungan ini dapat membuka pintu bagi siapa saja yang ingin melakukan normalisasi dengan pendudukan Israel.

Seperti diketahui, Yahya Cholil Staquf yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menjadi pembicara dalam American Jewish Committee (AJC) Global Forum di Yerusalem, Israel, Minggu, yang dibuka oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Sementara itu Ketua PBNU Robikin Emhas mengatakan kunjungan Yahya ke Israel selaku pribadi bukan dalam kapasitas sebagai Katib Aam PBNU, apalagi mewakili PBNU.

Robikin menegaskan tidak ada kerja sama program maupun kelembagaan antara NU dengan Israel.(yn)

tag: #palestina  #israel  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING