Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 15 Jun 2018 - 04:44:29 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta MUI Keluarkan Fatwa Haram Berkunjung ke Israel, Apa Kata KH Ma'ruf Amin?

5974688_30877.jpg.jpg
Ilustrasi kunjungan Yahya Cholil Staquf ke Isreal. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa larangan kunjungan ke Israel.

Hal tersebut dipicu oleh polemik kunjungan Wantimpres yang juga Katib Aam (Sekjen) Suriyah PBNU, Yahya Cholil Staquf ke Isreal baru-baru ini.

Fahri mengemukakan usulannya kepada MUI untuk mengeluarkan fatwa larangan bagi seorang muslim, khususnya muslim di Indonesia untuk datang ke wilayah Israel karena beberapa alasan.

"Untuk menghindari terjadinya peristiwa yang sama, MUI perlu mengeluarkan fatwa haram mengunjungi Israel. Sebab, itu jelas melanggar komitmen kebangsaan kita untuk memerdekakan Palestina," kata Fahri lewat pesan singkatnya yang diterima wartawan, Kamis (14/6/2018).

Menurut Fahri, Indonesia mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina. Tindakan kejahatan Israel terhadap Palestina juga tak dapat diterima.

"Padahal sesungguhnya, setiap hari mereka melakukan kejahatan dan melakukan penjajahan dan penindasan," tegas Fahri.

Menanggapi usulan Fahri ini, Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin, menyebut bahwa usulan tersebutDi belum bisa langsung diterapkan danmesti didiskusikan lebih jauh.

"Itu harus ada pelaporan. Kedua, harus ada namanya muasabahnya, artinya ada relevansinya nggak orang pergi ke Israel di fatwa itu? Artinya wilayah fatwa atau bukan, itu harus didiskusikan," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, kunjungan WNI muslim ke Israel belum tentu wilayahnya MUI.

"Ada rekomendasi, ada tausyiah, ada fatwa. Jadi lihat apakah yang tepat dengan fatwa, imbauan, atau dengan rekomendasi. Apa itu ada wilayahnya MUI, gitu loh," tutup Ma'ruf. (Alf)

tag: #dpr  #israel  #mui  #palestina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement