Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 05 Jul 2018 - 09:24:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Gulungan Kabel di Proyek MRT Terbakar

19mrt-proyek.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--PT Mass Rapid Transit (MRT) menyatakan, gulungan kabel di lokasi jalur layang MRT dekat Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan terbakar, Selasa (3/7/2018) lalu.

Namun insiden tersebut bukan disebabkan lantaran korsleting listrik.

"Berdasarkan hasil investigasi kami, penyebab insiden kebakaran gulungan kabel itu bukan karena korsleting listrik karena di lokasi memang belum ada aliran listrik," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Investigasi MRT Jakarta serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, menurut dia, menemukan sejumlah puntung rokok dan bungkus rokok di lokasi terbakarnya gulungan kabel tersebut.

"Penyebab insiden kebakaran itu diduga karena kelalaian manusia, yaitu pekerja dari kontraktor Metro One Consortium (Mitsui, Kobelco, Tokyo Engineering dan IKPT) dan subkontraktor PT Asahi Kokusai Technelon Indonesia (AKTI)," ujar William.

PT MRT juga menyatakan menemukan lemahnya pengawasan kontraktor terhadap pekerjaan subkontraktor di lapangan dan penegakan aturan larangan merokok di tempat kerja.

"Oleh karena itu, berkaitan dengan insiden tersebut, kami melakukan langkah-langkah korektif, salah satunya yakni menerbitkan surat teguran keras kepada kontraktor Metro One Consortium," kata William.

Selain itu, dia mengungkapkan, perusahaan memberikan poin kekurangan kepada kontraktor Metro One Consortium serta memerintahkan kontraktor tersebut untuk menegur dan menindak keras subkontraktor PT AKTI.

"Langkah korektif lainnya, yaitu kami mengeluarkan atau bahkan memberhentikan supervisor yang bertugas di lokasi pada saat terjadinya insiden kebakaran," demikian William.(yn/ant)

tag: #proyek-mrt  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Anggota Komisi B DPRD DKI Pastikan Paket Bansos Produksi PT Food Station Sesuai Ketentuan

Oleh windarto
pada hari Selasa, 07 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Paket bantuan sosial (bansos) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang disiapkan oleh PT Food Station Tjipinang Jaya sesuai dengan yang diminta oleh Dinas ...
Jakarta

Reklamasi Ancol Hanya Menguntungkan Pengelola Bukan Masyarakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat tata kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai reklamasi Ancol  hanya akan menguntungkan pihak pengelola, ketimbang warga Jakarta itu sendiri. ...