Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Sabtu, 14 Jul 2018 - 18:05:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Tekuk Thailand 1-2, Garuda Muda Raih Peringkat Ketiga Piala AFF U-19

94selebrasi-timnas-u-19-320x160.jpg.jpg
Ilustrasi; Anak-anak Garuda Muda sujud sukur usai membobol gawang lawan. (Sumber foto : Ist)

SIDOARJO (TEROPONGSENAYAN) --Timnas Indonesia U-19 berhasil menyabet peringkat ketiga di ajang Piala AFF U-19 2018, setelah mengalahkan Thailand U-19 dengan score 2-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) sore.

Garuda Muda unggul di babak pertama berkat gol yang dicetak Feby Eka Putra pada menit ke-35. Gol itu berawal dari aksi individu Febydi sisi kiri tidak bisa dibendung bek Thailand.

Tendangan kaki kiri Feby membuahkan gol setelah lebih dahulu membentur tiang kedua. Gol semata wayang ini sekaligus menyudahi babak pertama.

Saat laga babak kedua baru berjalan beberapa detik, kiper Timnas Indonesia U-19 M Aqil Savik melakukan blunder. Tendangan gawangnya yang tidak sempurna jatuh di kaki pemain Thailand U-19.Beruntung, tendangan pemain Thailand bisa diblok Aqil.

Dengan skema menyerang umpan-umpan pendek skuat Thailand U-19 memberikan ancaman serius terhadap pertahanan Timnas Indonesia U-19.

Akibatnya, pada 10 menit pertama babak kedua berjalan, pemain-pemain Timnas Merah Putih banyak melakukan pelanggaran. Hal ini sempat membuat pertahanan Indonesia kalang kabut.

Untungnya, dalam laga ini, kiper Aqil tampil cukup gemilang di babak kedua. Beberapa kali kiper bernomor punggung 30 itu mementahkan peluang-peluang dari Thailand U-19.

Di babak kedua timnas Thailand U-19 lebih banyak menekan Indonesia. Sementara Timnas Indonesia U-19 bermain lebih tenang dan sesekali membangun serangan lewat serangan balik. Pasukan Indra Sjafri tidak seagresif di babak pertama.

Pada menit ke-58 Timnas Indonesia U-19 berpeluang menambah keunggulan. Akan tetapi tendangan kaki kanan Witan Sulaeman bisa diblok kiper Thailand.Sejauh ini tim asuhan Indra Sjafri itu banyak memiliki peluang cetak gol, tetapi kerap terkendala dengan penyelesaian akhir yang kurang sempurna.

Bintang Timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri dimasukkan pada menit ke-60. Egy masuk menggantikan pencetak gol bagi Indonesia di babak pertama, Feby Eka Putra.

Kesulitan membongkar pertahanan Thailand dari sisi tengah, Timnas Indonesia U-19 kemudian lebih banyak menyerang melalui kedua sayap, terutama dari sisi kanan dengan mengandalkan Todd Fere.

Menit ke-70 Witan membuang kans Indonesia menjauh dari Thailand U-19. Aksi individu Witan di kotak penalti Thailand terlalu lama, yang akhirnya sepakan kaki kanannya bisa diblok kiper lawan.

Bola muntah dari peluang tersebut yang hampir meninggalkan lapangan masih bisa disundul kembali oleh Witan, sayang membentur bek Thailand dan hanya membuahkan sepak pojok.

Syahrian Abimanyu membawa Garuda Muda unggul 2-0 pada menit ke-85usai mendapat operan mendatar dari Egy Maulana Vikri dari sisi kanan. Setelah berhasil melewati satu pemain belakang Thailand, Abimanyu melepaskan tendangan kaki kiri ke sudut kanan bawah gawang Thailand tidak bisa dijangkau kiperNopphon Lakhonphon.

Tidak berselang lama Thailand U-19 secara mengejutkan berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui golMatee Sarakum pada menit ke-85 memanfaatkan kesalahan kiper Aqil dalam mengantisipasi umpan silang lawan.

Timnas Indonesia pun terhentak. Melalui Egy Maulana Vikri melancarkan aerangan. Meski beberapa kali gagal memanfaatkan peluang emas menjadi gol khususnya di injury time tekahir pada menit ke-94.

Padahal, posisi Egy berada dalam posisi yang bebas setelah mendapat operan dari Todd Fere, tendangan kaki kiri pemain Lechia Gdansk itu masih membentur badan kiper Thailand.

Wasit pun kemudian meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Capaian ini membuat Timnas Indonesia U-19 mengulang prestasi tahun lalu ketika mengalahkan Myanmar 7-1 di Myanmar.

Namun, seusai pertandingan Egy Maulana Vikri kembali mendapat penanganan dari tim medis. Egy tampak ditandu keluar lapangan dengan mendapat bantuan oksigen.

Susunan Pemain

Thailand:Nopphon Lakhonphon; Katitach Pranthi, Anusak Jaiphet, Nattawut Chootiwat, Pithak Phaphirom, Thirapak Pruengana, Kritsana Daokrajai, Sakunchai Saengthopho, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta.

Indonesia:M Aqil Savik; Rifad Marasabessy, Kadek Raditya, Nurhidayat Haji Haris, David Kevin Wato Rumakiek; M Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Alberth Ferre; M Rafli Mursalim, Feby Eka Putra.(Alf)

tag: #pssi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...