Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 01 Agu 2018 - 10:03:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Bangun Rumah Khusus di NTB, Pemerintah Siapkan Rp 17,5 Miliar

18basuki-pupr-ts.jpg.jpg
Basuki Hadimuljono (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun ini mengalokasikan anggaran Rp17,5 miliar untuk program pembangunan rumah khusus (Rusus) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan, alokasi anggaran sebesar itu ditujukan untuk pembangunan 90 unit Rusus untuk korban banjir 2016 di Bima, 40 Rusus untuk nelayan di Poto Tano dan 50 Rusus di Pulau Kaung.

"Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus, seperti nelayan, pemukiman kembali korban bencana/pengungsi, guru, tenaga medis, TNI/Polri dan petugas di daerah perbatasan dan pulau terpencil," kata Basuki dalam siaran persnya, Rabu (1/8/2018).

Ia menjelaskan, pemerintah tahun 2017 sudah membangun 204 unit Rusus untuk nelayan di Pulau Sumbawa dengan biaya Rp33,6 miliar. Rumah-rumah khusus di Desa Tanjung Luar, Kabupaten Lombok Timur (52 unit), Desa Labuhan Jambu, Kabupaten Sumbawa (100 unit), dan Desa Hu'u, Kabupaten Dompu (52 unit) itu seluruhnya sudah dihuni.

Di Desa Hu'u, rumah-rumah khusus dengan tipe 36 dan luas tanah 120 meter persegi dibangun dengan pondasi batu kali, dinding bata merah yang diplester dan dicat, rangka atap baja ringan dan genteng metal, serta lantai keramik. Biaya pembangunan 52 unit rumah khusus di desa ini Rp 7,45 miliar.

Kompleks rumah khusus juga dilengkapi dengan jaringan saluran air ke rumah, listrik, drainase dan jalan lingkungan dengan blok paving.

Suwaidin (21), seorang nelayan di Desa Hu'u, termasuk di antara penerima bantuan rumah khusus itu. Dia bersyukur akhirnya bisa pindah dari rumah bambunya.

"Untuk mendapat Rusus ini tidak dikenakan biaya apapun, hanya mengumpulkan KTP dan Kartu Keluarga saja. Jaraknya ke laut juga tidak jauh hanya lima menit berjalan kaki," kata Suwaidin, yang tinggal bersama istri dan seorang anaknya.

Indah (26), yang sebelumnya tinggal bersama mertua di rumah yang sudah rapuh, juga mendapat bantuan rumah khusus. Dia menempati Rusus sejak Januari 2018.

Selama 2016-2018, Kementerian PUPR sudah membangun 578 rumah khusus dengan total anggaran Rp 74,4 miliar.(yn/ant)

tag: #kementerian-pupr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...