Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 06 Agu 2018 - 22:13:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi V DPR Optimis Papua Siap Jadi Tuan Rumah PON XX 2020

15komisi-v-dpr-ri_06-08-18-11-40.JPG.JPG
rombongan Komisi V DPR RI saat meninjau kondisi Stadion Istora Papua Bangkit dan Jembatan Holtekamp di Jayapura. (Sumber foto : Ist)

PAPUA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi V DPR RI Henky Kurniadi menyebut Provinsi Papua sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada tahun 2020.

“Sejumlah persiapan telah mulai dilakukan, terutama aspek infrastruktur dan akses menuju lokasi,” ucap Henky usai meninjau sejumlah pembangunan sarana dan prasarana PON XX,dalam kunjungan kerja Komisi V DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis ke Papua, kemarin.

Dalam kesempatan ini, rombongan Komisi V DPR meninjau kondisi Stadion Istora Papua Bangkit dan Jembatan Holtekamp di Jayapura.

Henky menegaskan, Papua sudah siap, baik dari sisi desain maupun konstruksi sangat luar biasa. "Stadion ini nantinya akan menjadi salah satu yang terindah di Indonesia, karena dikelilingi perbukitan yang luar biasa. Tidak ada lingkungan secantik Jayapura ini," terang Henky.

Namun demikian, untuk memastikan kelancaran olah raga 4 tahunan tersebut, dia mengingatkan agar pemerintah setempat memperhatikan tata letak sejumlah sarpras venue serta menerapkan strategi kanalisasi.

“Layout sangat penting, jangan sampai uang triliunan rupiah untuk pembangunan tetapi perencanaannya kurang matang dan menjadi masalah di kemudian hari,” pesan politisi PDIP itu.

Sistem kanalisasi, menurut Henky, nantinya dapat mencegah timbulnya kemacetan di sekitar venue.

“Perlu diingat stakeholder olah raga bukan hanya atlet, tetapi juga penonton. Ketika ada event besar, yang datang berbondong-bondong adalah penonton, sehingga harus ada kanalisasi, seperti kafe-kafe untuk rileks,” kata angota DPR asal Dapil Jatim ini.

Selanjutnya, Anggota Komisi V DPR RI lainnya, Rahmat Nasution Hamka mengaku optimis tahap pembangunan infrastruktur penunjang PON 2020, seperti Jembatan Holtekamp akan rampung sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Meskipun, beberapa sarana pendukung PON masih terkendala pembebasan lahan.

“Dengan adanya Inpres Nomor 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan PON di Papua, saya berharap masyarakat setempat mendukung, sehingga pengerjaan berjalan lancar. Kita harap masalah pembebasan lahan ini cepat selesai, jangan sampai status kawasan menjadi penghambat,” jelas politisi PDIP itu.

Selain memperlancar konektivitas, Jembatan Holtekamp yang menghubungkan Kota Jayapura dengan distrik Muara Tami sebagai tempat pembangunan Wisma Atlet ini akan mendorong pengembangan di kawasan perbatasan Skouw.

“Kita berharap pintu masuk PNG-Papua ini menjadi spot wisata air dan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru,sehingga pembangunan di Papua tidak hanya sekedar fisik, tetapi memberikan multiplier effect bagi masyarakat lokal,” pungkas politisi dari Dapil Kalteng itu. (Alf)

tag: #komisi-v  #dpr  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement