Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 27 Agu 2018 - 17:44:41 WIB
Bagikan Berita ini :

PDI-P Minta Gerakan #2019GantiPresiden Patuhi Aturan

11Massa-PDIP-595x279.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politisi PDI-P, Ono Surono menanggapi sikap polisi yang tidak memberikan izin terhadap aksi gerakan #2019GantiPresiden di sejumlah daerah.

Dia memandang, larangan tersebut dikarenakan deklarasi #2019GantiPresiden lebih condong berisikan fitnah dan ujaran kebencian, yang dapat memicu konflik antar rakyat.

“Terkait aksi massa misalnya demonstrasi sudah pula diatur oleh Undang-Undang (UU), mereka bisa saja pakai argumentasi itu dan menjadi kewenangan polisi bila sudah ada demo/unjuk yang diselipi unsur “makar”, ujaran kebencian dan fitnah serta memicu konflik antar rakyat, maka sah secara undang-undang untuk tidak diberi izin atau dibubarkan,” ujar Ono saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Karenanya, Anggota DPR RI ini menyebut, gerakan #2019GantiPresiden sebaiknya mengikuti peraturan perundang-undangan tentang kampanye Pilpres.

“Bila mereka mau masuk pada arah pemilu 2019 secara konstitusional maka lakukan sesuai dengan peraturan dan UU tentang kampanye Pilpres,” terang Ono.

Sebab, menurut Ono, deklarasi #2019GantiPresiden sangat berbeda dengan deklarasi untuk mendukung Joko Widodo (Jokowi) dua periode.

Ono menjelaskan, bahwa deklarasi dukungan kepada Jokowi tidak berisikan kata-kata yang memprovokasi maupun menjelekan sosok calon presiden yang lain.

“Kalau deklarasi Jokowi kan sangat jelas. Tidak ada fitnah, ujaran kebencian, tidak menjelek-jelekkan Capres lain dan tidak ada memancing konflik antar rakyat,” pungkasnya. (Alf)

tag: #pdip  #2019gantipresiden  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Taat Bayar Pajak, Bamsoet Diberikan Penghargaan dari Dirjen Pajak

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 14 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atas Keteladanan dan Peran Serta dalam Mendorong Kepatuhan dan Kesadaran ...
Berita

Ringankan Beban Mahasiswa Ditengah Pandemi, Alpha Gandeng FH Kapuas Sintang Salurkan Paket Sembako

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) bekerja sama dengan Fakultas hukum Kapuas Sintang melanjutkan program 100 hari donasi buat bangsa dengan menyelenggarakan ...