Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Selasa, 04 Sep 2018 - 16:52:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Rupiah Anjlok, Menkeu Bakal Terbitkan PMK Tekan Impor

58impor-beras.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk menekan impor yang terus naik.

Hal itu diutarakan Sri Mulyani sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menyikapi anjloknya rupiah yang menyentuh angka Rp 14.800 per dolar Amerika Serikat.

“Kita akan mengeluarkan PMK besok (Rabu, 5/9/2018) pagi yang akan mendetailkan sekitar 900 barang-barang komoditas impor barang konsumsi, terutama yang nilai tambahnya di dalam negeri tidak besar namun dia menggerus devisa kita,” ujar Sri Mulyani di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/9/2018).

Sri menjelaskan, aktivitas impor saat ini sudah sangat tinggi jika dibanding ekspor.

“Agustus ini (impor) melonjaknya sangat tinggi hingga 50 persen lebih growth-nya,” papar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Ia berjanji akan menggenjot nilai ekspor dalam negeri yang pertumbuhannya mengalami perlambatan.

“Walaupun ekspor kita tumbuh namun pertumbuhan ekspor kita lebih kecil dibandingkan pertumbuhan impornya. Oleh karena itu selain kita mengendalikan impor, kita juga mendorong ekspor lebih tinggi,” tutupnya.(yn)

tag: #rupiah  #dolar  #impor-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...