Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 04 Sep 2018 - 17:09:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Tanggapi Prabowo Utang Rp 1 Triliun, JK: Tak Masalah Selama Mampu Bayar

27jusuf-kalla.jpg.jpg
Jusuf Kalla (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto soal utang Pemerintah yang naik Rp 1 triliun setiap harinya.

Menurutnya, utang menjadi wajar dilakukan sebuah negara, apalagi Indonesia yang sedang melakukan pembangunan infrastruktur.

"Semua negara yang ingin membangun itu sama dengan perusahaan. Semua negara yang membangun butuh dana. Kalau tidak punya modal, maka kita harus meminjam. Negara mana saja menjalankan itu, cuma caranya beda," kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Di Amerika Serikat, ujar JK mencontohkan, pinjaman dilakukan dengan mencetak dolar, sementara Pemerintah Jepang meminjam dari dana pensiun warganya. Sementara Indonesia, karena rupiah tidak laku di luar negeri, maka Pemerintah melakukan pinjaman uang kepada Bank Dunia dan perbankan.

JK menegaskan kepemilikan utang Indonesia bukan hal yang perlu dikhawatirkan, selama Pemerintah mampu membayarnya.

"Jadi bukan soal Rp1 triliun, (tetapi) mampu kita bayar atau tidak? Sekarang ini ya kita mampu membayarnya. Selama kita bisa bayar, bukan urusan T-nya (triliun), tapi kita bisa bayar atau tidak," tegas JK.

Terkait nominal utang, JK mengatakan, Kementerian Keuangan saat ini belum menghitung secara rinci total utang yang dimiliki Pemerintah.

"Saya belum hitung seperti itu, tetapi memang jumlahnya (dhitung) per tahun, kita tidak hitung per hari. Ada tambahan Rp 200 triliun, ada mungkin Rp 300 triliun," beber JK.

Sebelumnya, dalam peluncuran buku Paradoks Indonesia, bakal capres Prabowo Subianto mengatakan utang negara terus menerus naik, hingga mencapai angka Rp1 triliun setiap harinya.

Utang tersebut, menurut mantan Danjen Kopassus, dapat mengancam stabilitas perekonomian bangsa.(yn/ant)

tag: #utang-pemerintah  #prabowo-subianto  #jusuf-kalla  #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...