Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 05 Sep 2018 - 21:23:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Unggul, Peneliti LSI Denny JA: Survei Ini Dibiayai Sendiri

89adjie-alfaraby_665_374.jpg.jpg
Adjie Alfaraby (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru jelang konstestasi Pilpres 2019, Rabu (5/9/2018). Hasilnya Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandiaga.

Selain unggul dunia nyata, pasangan Jokowi-Ma'ruf juga digdaya di media sosial. Jokowi-Ma’ruf unggul di semua segmen pengguna medsos yang berafiliasi ke ormas Islam, kecuali di PA 212 dan ormas lainnya di luar NU dan Muhammadiyah.

"Unggul di semua segmen usia kecuali pemilih pemula. Unggul di semua segmen pendidikan kecuali segmen pemilih terpelajar. Unggul di semua segmen pendapatan kecuali pendapatan di atas Rp 3 Juta. Unggul di pengguna Facebook tapi kalah di pengguna instagram dan twitter,” ujar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Survei ini dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %. Survei dilaksanakan di 33 propinsi di Indonesia.

“Kami juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA,” jelas Adjie.

Hasil survei LSI Denny JA memperlihatkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf kini sudah mencapai the magic number 52.2%. Angka elektabilitas ini hampir menyamai perolehan suara Jokowi pada pilpres 2014 yaitu 53.15%.

Sementara elektabilitas pasangan Prabowo-Sandi sebesar 29.5%. Selisih kedua pasangan calon masih dua digit, yaitu sebesar 22.70%. Dan mereka yang menyatakan rahasia/belum memutuskan/TT/TJ sebesar 18.3 %.

Sebanyak 28.5% menyatakan sebagai pengguna media sosial (medsos). Sebanyak 71.5% menyatakan bukan pengguna medsos. Pengguna medsos adalah pemilih yang mempunyai setidaknya satu di antara beberapa media sosial Facebook, Twitter, dan/atau Instagram.

Di kalangan bukan pengguna medsos (base 71.5%), selisih elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dengan Prabowo – Sandi lebih besar. Jokowi-Ma’ruf angka elektabilitas mencapai 53.7% sedangkan Prabowo-Sandi 25.5% dan sisanya 20.8% menyatakan rahasia/belum memutuskan/TT/TJ. Selisih dua pasangan ini sebesar 28.2%

Menurut Adjie, di kalangan pengguna medsos, selisih elektabilitas Jokowi–Ma’ruf dengan Prabowo–Sandi lebih tipis. Jokowi-Ma’ruf 48.3%, sedangkan Prabowo-Sandi 39.5%. Sisanya 12.2% menyatakan rahasia/belum memutuskan/TT/TJ. Selisih dua pasangan ini sebesar 8.8%. Dari data ini bisa dilihat, secara keseluruhan Jokowi-Ma’ruf unggul untuk bukan pengguna sosmed, namun untuk pengguna sosmed uggul tipis.(yn)

tag: #survei-lsi  #jokowimaruf-amin  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...
Berita

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung ...