Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 06 Sep 2018 - 19:19:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Beda Gejolak Rupiah Sekarang dengan 1998

37gejolakrupiah.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pergerakan nilai tukar rupiah yang cenderung melemah terhadap dolar AS pada saat ini berbeda kondisinya dibandingkan saat krisis pada 1998.

Director Investment Strategy Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat di Jakarta, Kamis (6/9/2018) mengatakan fundamental ekonomi Indonesia pada tahun ini berbeda dibandingkan 1998 lalu.

"Krisis 1998 ditandai dengan kekeringan likuiditas. Sementara likuiditas saat ini cukup baik," ujarnya.

Menurut dia, kebijakan makro ekonomi yang dikeluarkan pemerintah saat ini juga lebih bagus, salah satunya dengan menahan barang impor.

Ia menambahkan pergerakan nilai tukar rupiah saat ini juga masih dipengaruhi fenomena "new normal". Fenomena itu mengacu kepada berakhirnya era suku bunga rendah di negara maju, seperti Amerika Serikat.

"Yang kemudian terjadi adalah rotasi investasi antar aset dan antar regional menuju negara maju," katanya.

Dalam rangka menahan tekanan rupiah, Budi mengharapkan agar masyarakat juga turut berpartisipasi. Salah satunya dengan membeli produk dalam negeri, menahan membeli produk elektronik yang tidak perlu, dan menunda perjalanan ke luar negeri.

"Anak milenial lebih banyak plesiran ke luar negeri dan pakai gadget impor. Jadi masyarakat juga harus memperbaiki konsumsinya juga," katanya. (plt/ant)

tag: #rupiah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement